PENDIDIKAN TARIKH - KISI-KISI US ISMUBA 2024 - Middun -->
QGxDcejG0K5y42ulRjpCEwY9XFqHHrCQFS9iVCtr
Bookmark

PENDIDIKAN TARIKH - KISI-KISI US ISMUBA 2024

 




KISI-KISI UJIAN SEKOLAH

SEKOLAH MENENGAH ATAS/KEJURUAN MUHAMMADIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

 

 

MATA PELAJARAN

: PENDIDIKAN TARIKH

BENTUK SOAL

: PILIHAN GANDA (A, B, C, D, E)

ALOKASI WAKTU

: 90 MENIT

JUMLAH SOAL

: 50 BUTIR SOAL PILIHAN GANDA

 





 

Menganalisis substansi, strategi, dan penyebab

keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Makkah

o Disajikan deskripsi dakwah Nabi Muhammad secara sembunyi-sembunyi. Peserta didik mampu menganalisis sebab-sebab dilakukannya dakwah secara sembunyi-

sembunyi.

 

C4

 

X/GASAL

Menganalisis substansi, strategi, dan keberhasilan dakwah Nabi Muhammad saw. di Madinah

o Disajikan gambar tentang piagam Madinah. Peserta didik mampu mengidentifikasi

tujuan dirumuskannya Piagam Madinah.

C4

X/GASAL

o Disajikan pernyataan terkait bangunan yang pertama kali didirikan Nabi Muhammad saw setibanya di Madinah. Peserta didik mampu mengidentifikasi gambaran masjid

sebagai bangunan pertama saat Nabi Muhammad hijrah ke Madinah.

 

C4

 

X/GASAL

Menganalisis sejarah pertumbuhan, perkembangan, dan keruntuhan pemerintahan Islam di Andalusia, Turki, dan India sebelum

abad XX

o Disajikan fakta-fakta sejarah yang menunjukkan pertumbuhan dan perkembangan Islam di Andalusia. Peserta didik dapat menyusun ulang periodesasi pertumbuhan dan perkembangan Islam di Andalusia.

 

C4

 

X/GENAP

Menganalisis sejarah pertumbuhan, perkembangan, dan keruntuhan pemerintahan Islam di Andalusia, Turki, dan India sebelum

abad XX

o Disajikan narasi sejarah pemerintahan Mughal. Peserta didik dapat menentukan faktor-faktor penyebab keruntuhan pemerintahan Islam di Mughal.

 

C2

 

X/GENAP

Menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa kejayaan

o Disajikan narasi tentang perkembangan lembaga pendidikan pada masa Daulah Abbasiyah. Peserta didik dapat mengidentifikasi peran Bangsa Persia terhadap

perkembangan ilmu pengetahuan Daulah Abbasiyah.

 

C4

 

XI/GASAL

o Disajikan narasi tentang kemajuan intelektual Daulah Umayyah di Andalusia. Peserta

didik dapat menentukan karya besar dari Ibnu Bajjah.

C2

XI/GASAL

Menelaah perkembangan Islam pada masa modern (1800- sekarang)

o Disajikan paparan tentang ide pemikiran pembaharuan Islam. Siswa dapat merumuskan inti pemikiran pembaharuan Islam menurut Muhammad bin Abdul

Wahab.

 

C6

 

XI/GASAL

o Disajikan paparan tentang peran Negara Mesir. Peserta didik dapat merumuskan peran

Negara Mesir dalam menyebarkan ajaran Islam.

C5

XI/GASAL

o Disajikan      paparan     gerakan     pembaruan  Turki       Usmani.     Peserta     didik                         dapat

merumuskan Gerakan Sultan Mahmud II di bidang hukum.

C5

XI/GASAL

o Disajikan pemikiran Islam di India, peserta didik dapat menyimpulkan landasan

pembaharuan Islam di India.

C4

XI/GASAL


 

Menelaah sejarah perkembangan Islam di Indonesia pada masa

kolonial Belanda

o Disajikan narasi kebijakan kolonial Belanda terhadap pendidikan Islam. Peserta didik

dapat mengidentifikasi trilogi program.

C4

XI/GENAP

o Disajikan narasi tentang perkembangan Islam pada masa kolonial Belanda, peserta didik dapat menyimpulkan hikmah yang dapat diambil.

C6

XI/GENAP

Menelaah perkembangan Islam Indonesia pada masa kemerdekaan

o Disajikan narasi perjuangan umat Islam mencapai kemerdekaan, peserta didik dapat

menentukan peran Muhammadiyah.

C4

XI/GENAP

o Disajikan narasi perjuangan umat Islam mencapai kemerdekaan, peserta didik dapat

menyimpulkan peran Ki Bagus Hadikusuma.

C4

XI/GENAP

Menganalisis sejarah masuknya Islam di Indonesia

o Disajikan narasi tentang teori masuknya Islam di Indonesia, peserta didik dapat

menentukan teori Persia.

C4

XII/GASA

L

o Disajikan beberapa nama Raja Samudera Pasai, peserta didik dapat mengurutkan

periodesasi kepemimpinan Raja Samudera Pasai dengan benar.

C3

XII/GASAL

o Disajikan syair lagu Lir-ilir dapat mengidentifikasi nama pengarang lagu Lir-ilir.

C2

XII/GASAL

o Disajikan narasi perkembangan Islam di Sulawesi, peserta didik dapat menganalisis

alasan masyarakat Sulawesi masuk Islam.

C4

XII/GASAL

o Disajikan narasi perkembangan Islam di Kalimantan, peserta didik dapat merangkum

peran Kerajaan Demak terhadap perkembangan Islam di Kalimantan.

C5

XII/GASAL

o Disajikan narasi perkembangan Islam di Kalimantan, peserta didik dapat menelaah

tokoh dari Banjar yang dikenal sebagai penyebar agama Islam di Kalimantan Selatan.

C4

XII/GASAL

o Disajikan narasi perkembangan Islam di Papua, peserta didik dapat menganalisis

tokoh yang berperan dalam proses masuknya Islam di wilayah Papua.

C4

XII/GASAL

o Disajikan tabel nama-nama masjid, peserta didik dapat mengidentifikasi nama masjid di Lombok yang menjadi pusat penyebaran Agama Islam.

C2

XII/GASAL

 

Menganalisis dan mengevaluasi strategi dakwah Islam di Indonesia

o Disajikan  beberapa  strategi  dakwah  Islam  di  Indonesia,  peserta  didik  dapat

mengkategorikan strategi dakwah Islam di Indonesia melalui bidang pendidikan.

C5

XII/GASAL

o Disajikan tabel keberhasilan dakwah Islam di Indonesia, peserta didik dapat

menentukan tahapan-tahapan dakwah di Indonesia.

C3

XII/GASAL

o Disajikan strategi dakwah Islam di bidang kesenian, peserta didik dapat menentukan

strategi dakwah Islam di bidang kesenian yang saat ini masih sangat berpengaruh.

C5

XII/GASAL

 

o Disajikan tabel nama- nama tokoh muslim dari pusat peradaban Islam, peserta didik

dapat menentukan tokoh dari Persia.

C4

XII/GASAL

 

Menganalisis dan mengevaluasi faktor-faktor kemunduran peradaban Islam di dunia

o Disajikan gambar tokoh Islam abad ke-19, peserta didik dapat menganalisis kemunduran umat Islam menurut Jamaludin Al-Afghani.

C4

XII/GASAL

o Disajikan pernyataan faktor kemunduran peradaban Islam, peserta didik dapat

menganalisis faktor penyebab kemunduran peradaban Islam di Turki

C4

XII/GASAL

o Disajikan pernyataan faktor kemunduran peradaban Islam, peserta didik dapat

menganalisis faktor penyebab kemunduran peradaban Islam di Spanyol.

C4

XII/GASAL

 

Menganalisis pembaruan pemikiran Islam pada abad ke XVIII – XX

o Disajikan narasi kebangkitan pembaruan pemikiran Islam abad XVIII-XX, peserta

didik dapat menyimpulkan ide-ide Muhammad Abduh.

C4

XII/GASAL

o Disajikan narasi beberapa fakta pembaruan pemikiran Islam abad XVIII-XX, peserta

didik dapat memilih pemikiran Rasyid Ridha.

C4

XII/GASAL


 

 

o Disajikan narasi tentang pembaruan/ kebangkitan dunia Islam abad XVIII- XX,

peserta didik dapat merumuskan hikmah yang tepat berdasarkan narasi tersebut.

C5

XII/GASAL

 

Menganalisis pembaruan pemikiran dalam Islam pada abad XVIII - XIX

o Disajikan pernyataan tentang kondisi Islam di Jazirah Arab, peserta didik dapat menyimpulkan pemikiran tauhid Muhammad bin Abdul Wahab.

C6

XII/GENAP

o Disajikan  pernyataan  pemikiran  pembaruan  dari  Mesir,  peserta  didik  dapat

menyimpulkan pendapat Muhammad Ali Pasha.

C4

XII/GENAP

o Disajikan narasi pemikiran dua tokoh pembaru Islam di India, peserta didik dapat

memyimpulkan pemikiran kedua tokoh tersebut.

C6

XII/GENAP

o Disajikan pernyataan pemikiran tokoh pembaruan Islam dalam bidang pendidikan,

peserta didik dapat menentukan tokoh pembaruan Indonesia.

C3

XII/GENAP

 

Menganalisis pemikiran Islam pada abad XX - XXI

o Disajikan narasi latar belakang kebangkitan pembaruan pemikiran dalam Islam, peserta didik dapat menganalisis latar belakang munculnya pembaruan pemikiran

Islam karena faktor politik.

 

C4

XII/GENAP

o Disajikan ide pembaharu dari tokoh pemikir di Sumatera Barat Syeh Jamil Jambek, peserta didik dapat menentukan hikmah yang bisa diambil dari ide pembaharuan

tersebut.

 

C3

XII/GENAP

Menganalisis kebudayaan Islam di Asia

o Disajikan pernyataan bentuk kebudayaan Islam, peserta didik dapat memilih bentuk

kebudayaan rakyat Cina.

C4

XII/GENAP

o Disajikan narasi kebudayaan Islam di Thailand, peserta didik dapat menjelaskan

bangunan masjid di Thailand.

C3

XII/GENAP

o Disajikan narasi kebudayaan Islam di Pilipina, peserta didik dapat menyimpulkan

warisan seni budaya Islam di Pilipina.

C4

XII/GENAP

o Disajikan pernyataan bukti-bukti kebudayaan Islam di Asia, peserta didik dapat

memerinci jenis-jenis kesenian dan kerajinan di Brunai Darussalam.

C4

XII/GENAP

o Disajikan narasi kebudayaan multikultural dan multi ras di Malaysia, peserta didik dapat mengidentifikasi bahasa yang digunakan untuk bisnis dan pendidikan di

Malaysia.

 

C3

XII/GENAP

o Disajikan beberapa fakta perkembangan sejarah Islam di Asia, peserta didik dapat

merumuskan hikmahnya dengan tepat.

C6

XII/GENAP

 

Menganalisis kebudayaan Islam di Eropa

o Disajikan  narasi  masuknya  kebudayaan  Islam di  Eropa,  peserta  didik  dapat

mengkategorikan Islam masuk di Eropa pada periode kekhalifahan Islam di Spanyol.

C5

XII/GENAP

o Disajikan narasi perkembangan Islam Eropa, peserta didik dapat menganalisis

pengaruh kebudayaan Arab di Eropa.

C4

XII/GENAP

o Disajikan narasi perkembangan Islam di Spanyol, peserta didik dapat mengidentifikasi

bukti kemajuan kebudayaan Islam Spanyol dalam bidang intelektual.

C2

XII/GENAP

o Disajikan narasi perkembangan kebudayaan Islam di Turki, peserta didik dapat

menentukan tokoh Turki dalam bidang sastra.

C3

XII/GENAP

o Disajikan faktor penyebab kemunduran Islam, peserta didik dapat mengidentifikasi

salah satu faktor penyebab kemunduran Islam di Spanyol.

C4

XII/GENAP

  

Post a Comment

Post a Comment