KISI-KISI UJIAN
SEKOLAH
SEKOLAH MENENGAH ATAS/KEJURUAN MUHAMMADIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
MATA PELAJARAN |
: PENDIDIKAN TARIKH |
BENTUK SOAL |
: PILIHAN GANDA
(A, B, C, D, E) |
ALOKASI WAKTU |
: 90 MENIT |
JUMLAH SOAL |
: 50 BUTIR
SOAL PILIHAN GANDA |
|
|
|
||
|
Menganalisis substansi, strategi, dan penyebab keberhasilan dakwah
Nabi Muhammad saw. di Makkah |
o
Disajikan deskripsi dakwah Nabi Muhammad secara sembunyi-sembunyi. Peserta didik mampu menganalisis sebab-sebab dilakukannya dakwah secara
sembunyi- sembunyi. |
C4 |
X/GASAL |
Menganalisis substansi, strategi, dan keberhasilan
dakwah Nabi Muhammad saw. di Madinah |
o Disajikan
gambar tentang piagam
Madinah. Peserta didik
mampu mengidentifikasi tujuan dirumuskannya Piagam Madinah. |
C4 |
X/GASAL |
|
o
Disajikan
pernyataan terkait bangunan yang pertama kali didirikan Nabi Muhammad saw setibanya di Madinah. Peserta
didik mampu mengidentifikasi gambaran masjid sebagai bangunan pertama saat Nabi Muhammad hijrah
ke Madinah. |
C4 |
X/GASAL |
||
Menganalisis sejarah pertumbuhan, perkembangan, dan
keruntuhan pemerintahan
Islam di Andalusia, Turki, dan India sebelum abad XX |
o Disajikan fakta-fakta sejarah yang
menunjukkan pertumbuhan dan perkembangan Islam di Andalusia. Peserta didik dapat menyusun ulang periodesasi pertumbuhan dan perkembangan Islam di Andalusia. |
C4 |
X/GENAP |
|
Menganalisis sejarah pertumbuhan, perkembangan, dan
keruntuhan pemerintahan
Islam di Andalusia, Turki, dan India sebelum abad XX |
o Disajikan narasi sejarah pemerintahan Mughal. Peserta
didik dapat menentukan faktor-faktor penyebab
keruntuhan pemerintahan Islam di Mughal. |
C2 |
X/GENAP |
|
Menelaah perkembangan peradaban Islam pada masa
kejayaan |
o
Disajikan narasi
tentang perkembangan lembaga
pendidikan pada masa
Daulah Abbasiyah. Peserta
didik dapat mengidentifikasi peran Bangsa Persia terhadap perkembangan ilmu
pengetahuan Daulah Abbasiyah. |
C4 |
XI/GASAL |
|
o Disajikan narasi tentang
kemajuan intelektual Daulah
Umayyah di Andalusia. Peserta didik dapat
menentukan karya besar
dari Ibnu Bajjah. |
C2 |
XI/GASAL |
||
Menelaah perkembangan Islam pada
masa modern (1800- sekarang) |
o
Disajikan paparan tentang ide pemikiran pembaharuan Islam. Siswa dapat merumuskan inti pemikiran pembaharuan Islam menurut Muhammad bin Abdul Wahab. |
C6 |
XI/GASAL |
|
o Disajikan
paparan tentang peran
Negara Mesir. Peserta didik
dapat merumuskan peran Negara Mesir
dalam menyebarkan ajaran
Islam. |
C5 |
XI/GASAL |
||
o Disajikan paparan gerakan pembaruan Turki Usmani. Peserta didik dapat merumuskan Gerakan
Sultan Mahmud II di bidang
hukum. |
C5 |
XI/GASAL |
||
o Disajikan
pemikiran Islam di India, peserta
didik dapat menyimpulkan landasan pembaharuan Islam
di India. |
C4 |
XI/GASAL |
|
Menelaah sejarah perkembangan Islam di Indonesia
pada masa kolonial Belanda |
o Disajikan
narasi kebijakan kolonial Belanda terhadap pendidikan Islam. Peserta didik dapat mengidentifikasi trilogi program. |
C4 |
XI/GENAP |
o Disajikan narasi tentang
perkembangan Islam pada
masa kolonial Belanda, peserta didik dapat menyimpulkan hikmah yang dapat diambil. |
C6 |
XI/GENAP |
||
Menelaah perkembangan Islam
Indonesia pada masa
kemerdekaan |
o Disajikan
narasi perjuangan umat
Islam mencapai kemerdekaan, peserta didik dapat menentukan peran
Muhammadiyah. |
C4 |
XI/GENAP |
|
o Disajikan
narasi perjuangan umat
Islam mencapai kemerdekaan, peserta didik dapat menyimpulkan peran
Ki Bagus Hadikusuma. |
C4 |
XI/GENAP |
||
Menganalisis sejarah masuknya Islam
di Indonesia |
o Disajikan
narasi tentang teori
masuknya Islam di Indonesia, peserta
didik dapat menentukan teori
Persia. |
C4 |
XII/GASA L |
|
o Disajikan
beberapa nama Raja
Samudera Pasai, peserta didik dapat mengurutkan periodesasi kepemimpinan Raja Samudera Pasai
dengan benar. |
C3 |
XII/GASAL |
||
o Disajikan
syair lagu Lir-ilir dapat mengidentifikasi nama pengarang lagu Lir-ilir. |
C2 |
XII/GASAL |
||
o Disajikan
narasi perkembangan Islam
di Sulawesi, peserta
didik dapat menganalisis alasan masyarakat Sulawesi masuk Islam. |
C4 |
XII/GASAL |
||
o Disajikan
narasi perkembangan Islam di Kalimantan, peserta didik dapat merangkum peran Kerajaan Demak terhadap perkembangan Islam di Kalimantan. |
C5 |
XII/GASAL |
||
o Disajikan
narasi perkembangan Islam
di Kalimantan, peserta didik dapat menelaah tokoh dari Banjar
yang dikenal sebagai penyebar agama Islam
di Kalimantan Selatan. |
C4 |
XII/GASAL |
||
o Disajikan
narasi perkembangan Islam
di Papua, peserta
didik dapat menganalisis tokoh yang berperan dalam
proses masuknya Islam
di wilayah Papua. |
C4 |
XII/GASAL |
||
o Disajikan
tabel nama-nama masjid, peserta didik dapat mengidentifikasi nama masjid di
Lombok yang menjadi pusat penyebaran Agama Islam. |
C2 |
XII/GASAL |
||
|
Menganalisis dan mengevaluasi strategi dakwah
Islam di Indonesia |
o Disajikan beberapa strategi dakwah Islam di Indonesia, peserta didik dapat mengkategorikan strategi dakwah Islam di Indonesia melalui
bidang pendidikan. |
C5 |
XII/GASAL |
o Disajikan tabel keberhasilan dakwah Islam di Indonesia, peserta didik dapat menentukan tahapan-tahapan dakwah di Indonesia. |
C3 |
XII/GASAL |
||
o Disajikan strategi dakwah
Islam di bidang kesenian, peserta
didik dapat menentukan strategi dakwah
Islam di bidang
kesenian yang saat ini masih
sangat berpengaruh. |
C5 |
XII/GASAL |
||
|
o Disajikan tabel nama-
nama tokoh muslim
dari pusat peradaban Islam, peserta didik dapat menentukan tokoh dari Persia. |
C4 |
XII/GASAL |
|
|
Menganalisis dan mengevaluasi faktor-faktor kemunduran peradaban Islam di dunia |
o Disajikan gambar tokoh
Islam abad ke-19,
peserta didik dapat
menganalisis kemunduran umat
Islam menurut Jamaludin Al-Afghani. |
C4 |
XII/GASAL |
o Disajikan pernyataan faktor kemunduran peradaban Islam, peserta didik dapat menganalisis faktor
penyebab kemunduran peradaban Islam di Turki |
C4 |
XII/GASAL |
||
o Disajikan pernyataan faktor kemunduran peradaban Islam, peserta didik dapat menganalisis faktor
penyebab kemunduran peradaban Islam di Spanyol. |
C4 |
XII/GASAL |
||
|
Menganalisis pembaruan pemikiran Islam pada abad ke
XVIII – XX |
o Disajikan
narasi kebangkitan pembaruan pemikiran Islam abad
XVIII-XX, peserta didik dapat
menyimpulkan ide-ide Muhammad Abduh. |
C4 |
XII/GASAL |
o Disajikan narasi beberapa
fakta pembaruan pemikiran Islam abad XVIII-XX, peserta didik dapat
memilih pemikiran Rasyid
Ridha. |
C4 |
XII/GASAL |
|
|
o Disajikan
narasi tentang pembaruan/ kebangkitan dunia Islam
abad XVIII- XX, peserta didik
dapat merumuskan hikmah
yang tepat berdasarkan narasi tersebut. |
C5 |
XII/GASAL |
|
Menganalisis pembaruan pemikiran dalam Islam pada
abad XVIII - XIX |
o Disajikan pernyataan tentang
kondisi Islam di Jazirah Arab,
peserta didik dapat
menyimpulkan pemikiran tauhid Muhammad bin Abdul Wahab. |
C6 |
XII/GENAP |
o Disajikan pernyataan pemikiran pembaruan dari Mesir, peserta didik dapat menyimpulkan pendapat Muhammad Ali Pasha. |
C4 |
XII/GENAP |
||
o Disajikan
narasi pemikiran dua tokoh pembaru Islam di India,
peserta didik dapat memyimpulkan pemikiran kedua tokoh tersebut. |
C6 |
XII/GENAP |
||
o Disajikan
pernyataan pemikiran tokoh
pembaruan Islam dalam
bidang pendidikan, peserta didik
dapat menentukan tokoh
pembaruan Indonesia. |
C3 |
XII/GENAP |
||
|
Menganalisis pemikiran Islam pada
abad XX - XXI |
o
Disajikan narasi
latar belakang kebangkitan pembaruan pemikiran dalam
Islam, peserta didik dapat
menganalisis latar belakang munculnya pembaruan pemikiran Islam karena faktor politik. |
C4 |
XII/GENAP |
o
Disajikan ide
pembaharu dari tokoh
pemikir di Sumatera Barat Syeh Jamil
Jambek, peserta didik dapat
menentukan hikmah yang bisa diambil
dari ide pembaharuan tersebut. |
C3 |
XII/GENAP |
||
Menganalisis kebudayaan Islam di Asia |
o Disajikan
pernyataan bentuk kebudayaan Islam, peserta didik
dapat memilih bentuk kebudayaan rakyat
Cina. |
C4 |
XII/GENAP |
|
o Disajikan
narasi kebudayaan Islam
di Thailand, peserta
didik dapat menjelaskan bangunan masjid
di Thailand. |
C3 |
XII/GENAP |
||
o Disajikan
narasi kebudayaan Islam
di Pilipina, peserta didik dapat menyimpulkan warisan seni
budaya Islam di Pilipina. |
C4 |
XII/GENAP |
||
o Disajikan
pernyataan bukti-bukti kebudayaan Islam di Asia,
peserta didik dapat memerinci jenis-jenis kesenian dan kerajinan di Brunai Darussalam. |
C4 |
XII/GENAP |
||
o
Disajikan narasi
kebudayaan multikultural dan multi ras
di Malaysia, peserta
didik dapat mengidentifikasi bahasa yang digunakan untuk bisnis dan pendidikan di Malaysia. |
C3 |
XII/GENAP |
||
o Disajikan
beberapa fakta perkembangan sejarah Islam di Asia, peserta didik dapat merumuskan hikmahnya dengan tepat. |
C6 |
XII/GENAP |
||
|
Menganalisis kebudayaan Islam di Eropa |
o Disajikan narasi masuknya kebudayaan Islam di Eropa, peserta didik dapat mengkategorikan Islam
masuk di Eropa
pada periode kekhalifahan Islam di Spanyol. |
C5 |
XII/GENAP |
o Disajikan narasi perkembangan Islam Eropa, peserta didik dapat menganalisis pengaruh kebudayaan Arab di Eropa. |
C4 |
XII/GENAP |
||
o Disajikan
narasi perkembangan Islam di Spanyol,
peserta didik dapat
mengidentifikasi bukti kemajuan kebudayaan Islam Spanyol dalam bidang intelektual. |
C2 |
XII/GENAP |
||
o Disajikan
narasi perkembangan kebudayaan Islam di Turki,
peserta didik dapat menentukan tokoh
Turki dalam bidang
sastra. |
C3 |
XII/GENAP |
||
o Disajikan
faktor penyebab kemunduran Islam, peserta didik
dapat mengidentifikasi salah satu
faktor penyebab kemunduran Islam di Spanyol. |
C4 |
XII/GENAP |
Post a Comment