Pendidikan Kemuhammadiyahan - KISI-KISI US ISMUBA 2024 - Middun -->
QGxDcejG0K5y42ulRjpCEwY9XFqHHrCQFS9iVCtr
Bookmark

Pendidikan Kemuhammadiyahan - KISI-KISI US ISMUBA 2024



KISI-KISI UJIAN SEKOLAH

SEKOLAH MENENGAH ATAS/KEJURUAN MUHAMMADIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

 

 

MATA PELAJARAN

: PENDIDIKAN KEMUHAMMADIYAHAN

BENTUK SOAL

: PILIHAN GANDA (A, B, C, D, E)

ALOKASI WAKTU

: 90 MENIT

JUMLAH SOAL

: 50 BUTIR SOAL PILIHAN GANDA

 

A.   Standar Kompetensi Lulusan: Dimensi Pengetahuan

1.     Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, metakognitif dan suprarasional pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berkenaan dengan: ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, humaniora, ke-Islaman, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab.

2.     Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara dan kawasan regional.

B.   Kisi-Kisi Soal

 




3.1 Memahami Khittah Perjuangan Muhammadiyah

Disajikan pernyataan yang terkait dengan khittah, peserta didik dapat menentukan pengertian

khittah Muhammadiyah.

XII/1

C.3

Disajikan teks naratif yang terkait dengan fungsi khittah, peserta didik dapat menghubungkan

fungsi khittah dengan salah satu landasan idiil.

C.6

Disajikan tabel pernyataan yang terkait dengan khittah, peserta didik dapat mendeteksi salah

satu macam khittah Muhammadiyah.

C.4

Disajikan tabel tentang butir matan khittah    perjuangan Muhammadyah, peserta didik dapat

mendeteksi butir matan yang sesuai dengan jenis khittah perjuangan Muhammadyah

C.4

Disajikan ilustrasi perilaku Islami sesuai dengan khittah perjuangan Muhammadiyah, peserta didik dapat menilai bahwa perilaku tersebut merupakan salah satu matan 12 langkah

Muhammadiyah.

C.5

2

3.2 Memahami jalur kaderisasi Muhammadiyah

Disajikan pernyataan yang terkait dengan kader, peserta didik dapat menyimpulkan pengertian

kader di Muhammadiyah

XII/1

C.4

Disajikan pernyataan bahwa Muhammadiyah sebagai organisasi kader, peserta didik dapat

menyimpulkan bentuk kaderisasi di Muhammadiyah

C.4

Disajikan tabel pernyataan yang terkait dengan tujuan perkaderan, peserta didik dapat

C.3


 

 

 

menentukan pernyataan yang benar tentang tujuan perkaderan Muhammadiyah

 

 

Disajikan                   pernyataan             tentang                   jalur                   kaderisasi                   Muhammadiyah, peserta                   didik                   dapat

mengemukakan jalur kaderisasi yang sesuai dengan pernyataan tersebut.

C.2

Disajikan tabel tentang jenis kaderisasi Muhammadiyah beserta bentuknya, peserta didikdapat

menentukan pasangan yang tepat antara jenis dengan bentuk pengkaderan dengan benar.

C.3

Disajikan ilustrasi tentang perjalanan kaderisasi seorang kader Muhammadiyah, peserta didik

dapat menentukan bentuk kaderisasi pada ilustrasi tersebut dengan benar.

C.3

Disajikan salah satu bentuk arah kaderisasi Muhammadiyah, peserta didik dapat memilih

contoh arah kaderisasi dalam kehidupan sehari-hari.

C.5

3

3.3 Memahamistruktur penjenjangan perkaderan Organisasi Otonom Muhammadiyah

Disajikan ilustrasi tentang jenjang perkaderan seorang kader Aisyiyah, peserta didik dapat

menentukan jenis, perkaderan ‘Aisyiyah.

XII/1

C.3

Disajikan ilustrasi profil seorang kader IPM, peserta didik dapat menentukan jenjang

perkaderanyang telah diikutinya sebagaimana dimaksud dalam ilustrasi.

C.3

Disajikan ilustrasi kader IPM yang melanjutkan sekolah di jenjang satuan pendidikan

SMA/SMK/MA, peserta didik dapat menganalisis jenis, bentuk dan struktur jenjang perkaderan yang bisa diikuti.

C.4

Disajikan pernyataan yang terkait dengan perkaderan non formal IPM, peserta didik dapat

menentukan contoh kegiatan yang terkait dengan perkaderan non formal.

C.3

Disajikan beberapa pernyataan tentang komponen perkaderan IMM, peserta didik dapat

mengemukakan komponen perkaderan IMM tersebut.

C.2

 

 

Disajikan pernyataan tentang kaderisasi formal NA, peserta didik  dapat memilih bentuk,

jenjang perkaderan.

 

C.5

Disajikan ilustrasi tentang kaderisasi formal Pemuda Muhammadiyah, peserta didik dapat

memilih bentuk jenjang perkaderan.

C.5

Disajikan teks naratif profil tentang seorang kader Tapak Suci, peserta didik dapat mendeteksi

jenjang perkaderan yang telah diikuti.

C.4

Disajikan tabel tentang perkaderan HW, peserta didik dapat mendeteksi jenjang perkaderan

HW.

C.4

4

3.4 Memahami respon Muhammadiyah terhadap Gerakan Islam transnasional

Disajikan pernyataan tentang pergerakan Islam, peserta didik dapat menunjukkan pengertian

gerakan Islam transnasional

XII/2

C.1

Disajikan beberapa pernyataan tentang ciri gerakan Islam, peserta didik dapat mendeteksi ciri-

ciri gerakan Islam transnasional.

C.4

Disajikan tabel tentang beberapa organisasi Islam di Indonesia beserta ciri khususnya, peserta

didik dapat menganalisis beberapa organisasi yang berciri-ciri sebagai gerakan Islam nasional.

C.4

Disajikan narasi tentang salah satu jenis gerakan Islam transnasional, peserta didik dapat

menilai gerakan Islam transnasional tersebut.

C.5


 

 

 

Disajikan narasi tentang respon Muhammadiyah terhadap kehadiran                                gerakan Islam transnasional, peserta didik dapat menyimpulkan sikap gerakan Muhammadiyah pada narasi

tersebut.



 

C.4

5

3.5. Memahamipokok pikiran Islam berkemajuan

Disajikan pernyataan tentang gerakan pencerahan Islam berkemajuan, peserta didik dapat

merinci pengertian gerakan Islam berkemajuan.

XII/2

C.2

Disajikan pernyataan tentang salah satu pokok pikiran Islam berkemajuan, peserta didik dapat

mencontohkan dalam kehidupan yang sesuai dengan gerakan pencerahan.

C.2

Disajikan ilustrasi kasus tentang salah satu pokok pikiran Islam berkemajuan, peserta didik

dapat menentukan pokok pikiran tersebut.

C.3

Disajikan kasus tentang kondisi masyarakat yang berkaitan dengan gerakan Islam, peserta

didik dapat menilai kasus tersebut berdasar sikap gerakan pencerahan Muhammadiyah.

C.5

6

3.1 Memahamiperiodesasi dinamika perjuangan Muhammadiyahdari awal berdirihingga abad kedua

Disajikan pernyataan tentang kondisi pendidikan Islam, peserta didik dapat menemukan latar

belakang penyebab kondisi tersebut terjadi.

XI/1

C.4

Disajikan sejarah tokoh nasional dalam perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia,

peserta didik dapat memilih contoh tokoh yang berlatar belakang Muhammadiyah.

C.5

Disajikan pernyataan tentang dinamika perjuangan Muhammadiyah, peserta didik dapat

menentukan peran AR Fakhruddin terhadap bangsa.

C.3

Disajikan pernyataan tentang dinamika perjuangan Muhammadiyah, peserta didik dapat

menentukan peran sertaMuhammadiyah pada masa reformasi.

C.3

7

3.2 Memahami matan Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah(MADM)

Disajikan  beberapa  pernyataan                                  tentang  pokok  pikiran                                  MADM,  peserta  didik  dapat

merumuskan pokok pikiran yang tepat.

XI/1

C.6

Disajikan pernyataan tentang MADM, peserta didik dapat memilih contoh yang benar dari

pokok pikiran yang terdapat dalam MADM.

C.5

8

3.3 Memahami matan

Kepribadian Muhammadiyah

Disajikan    beberapa                   pernyataan,              peserta                   didik                   dapat                   merumuskan             contoh                   sifat-sifat

Muhammadiyah sesuai matan Kepribadian Muhammadiyah.

XI/1

C.6

9

3.4 Memahami Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah

Disajikan    sebuah                   narasi                   tentang MKCHM,  peserta                   didik                   dapat                   menganalisis            sebab

perumusannya

XI/2

C.4

Disajikan salah satu isi MKCHM, siswa dapat menampilkan contoh implementasinya dalam

kehidupan sehari-hari.

C.6

10

3.5 Memahami matan Pedoman Hidup Islami Warga

Muhammadiyah(PHIWM)

Disajikan tabel tentang sistematika matan PHIWM, peserta didik dapat menyusun tabel yang

belum terisi dengan benar.

XI/2

C.6

Disajikan matan PHIWM, peserta didik dapat menentukan bagian sistematika matan PHIWM.

C.3

11

3.3 Memahami latar belakang

Muhammadiyah berdiri

Disajikan teks naratif tentang perjuangan Muhammadiyah setelah kemerdekaan, peserta didik

dapat menentukan contohkegiatan yang diselenggarakan Muhammadiyah setelahkemerdekaan.

XI/2

C.3

12

3.2 Memahami Janji Pelajar

Muhammadiyah

Disajikan   cerita                   tentang  aplikasi      janji                   pelajar                   Muhammadiyah,    peserta                   didik                   dapat

menganalisiscerita yang sesuai dengan butir janji pelajar Muhammadiyah.

X/1

C.4


 

 

 

 

 

 

Disajikan tabel redaksi janji Pelajar Muhammadiyah secara acak, peserta didik dapat

mengurutkan teks janji Pelajar Muhammadiyah secara tepat.

 

C.3

13

3.3 Memahami latar belakang

Muhammadiyah berdiri

Disajikan teks naratif tentang berdirinya Muhammadiyah kondisi umat Islam pada saat itu,

peserta didik dapat menganalisisbahwa tes tersebut merupakan faktor objektif dengan tepat.

 

C.4

14

3.4 Memahami ciri gerakan Muhammadiyah sebagai gerakan Islam, gerakan dakwah amar ma’ruf nahi munkar,

gerakan tajdid, dan gerakan nasional

Disajikan beberapa pernyataan tentang ciri gerakan dakwah Muhammadiyah, peserta didik

dapat menjelaskan contoh ciri Muhammadiyah sebagai gerakantajdid.

X/2

C.1

Disajikan narasi peran Muhammadiyah sebagai gerakan nasional, peserta didik dapat menunjukkan contohnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

C.1

15

3.6 Memahami Majelis, Lembaga, dan Organisasi Otonom Muhammadiyah

Disajikan beberapa pernyataan tentang peran dan fungsi majelis serta lembaga dalam

Muhammadiyah, peserta didik dapat menghubungkan contoh majelis/lembaga yang dimaksud.

X/2

C.6

Disajikan  tabel  tentang  nama  ortom  beserta  ciri  khasnya  dalam sistem  perkaderan

Muhammadiyah, peserta didik dapat menghubungkan pasangan yang sesuai dengan tepat.

C.6

 

Keterangan:

Level C1

:

3

 

 

Jumlah: 50

Level C2

:

4

Level C3

:

13

Level C4

:

15

Level C5

:

8

Level C6

:

7

 

Post a Comment

Post a Comment