KISI-KISI UJIAN SEKOLAH
SEKOLAH MENENGAH ATAS/KEJURUAN MUHAMMADIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
MATA PELAJARAN |
: PENDIDIKAN KEMUHAMMADIYAHAN |
BENTUK SOAL |
: PILIHAN GANDA (A,
B, C, D, E) |
ALOKASI WAKTU |
: 90 MENIT |
JUMLAH SOAL |
: 50 BUTIR
SOAL PILIHAN GANDA |
A. Standar Kompetensi Lulusan:
Dimensi Pengetahuan
1. Memiliki pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, metakognitif dan suprarasional pada tingkat teknis dan spesifik
sederhana berkenaan dengan: ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
humaniora, ke-Islaman, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab.
2. Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga,
sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara dan kawasan regional.
B.
Kisi-Kisi Soal
|
|
|||
3.1 Memahami
Khittah Perjuangan Muhammadiyah |
Disajikan pernyataan yang terkait dengan khittah, peserta
didik dapat menentukan pengertian khittah Muhammadiyah. |
XII/1 |
C.3 |
|
Disajikan teks naratif
yang terkait dengan
fungsi khittah, peserta
didik dapat menghubungkan fungsi khittah
dengan salah satu landasan idiil. |
C.6 |
|||
Disajikan tabel pernyataan yang terkait dengan
khittah, peserta didik
dapat mendeteksi salah satu macam
khittah Muhammadiyah. |
C.4 |
|||
Disajikan tabel
tentang butir matan
khittah perjuangan Muhammadyah, peserta didik
dapat mendeteksi butir
matan yang sesuai
dengan jenis khittah perjuangan Muhammadyah |
C.4 |
|||
Disajikan ilustrasi
perilaku Islami sesuai dengan khittah perjuangan Muhammadiyah, peserta didik dapat menilai bahwa perilaku tersebut merupakan salah satu matan 12 langkah Muhammadiyah. |
C.5 |
|||
2 |
3.2 Memahami jalur kaderisasi Muhammadiyah |
Disajikan pernyataan yang terkait
dengan kader, peserta didik
dapat menyimpulkan pengertian kader di Muhammadiyah |
XII/1 |
C.4 |
Disajikan pernyataan bahwa
Muhammadiyah sebagai organisasi kader, peserta didik dapat menyimpulkan bentuk
kaderisasi di Muhammadiyah |
C.4 |
|||
Disajikan tabel pernyataan yang terkait dengan tujuan perkaderan, peserta didik dapat |
C.3 |
|
|
menentukan pernyataan yang benar tentang tujuan
perkaderan Muhammadiyah |
|
|
Disajikan pernyataan tentang jalur kaderisasi Muhammadiyah, peserta didik dapat mengemukakan jalur
kaderisasi yang sesuai
dengan pernyataan tersebut. |
C.2 |
|||
Disajikan tabel tentang
jenis kaderisasi Muhammadiyah beserta bentuknya, peserta
didikdapat menentukan pasangan yang tepat antara
jenis dengan bentuk
pengkaderan dengan benar. |
C.3 |
|||
Disajikan ilustrasi tentang perjalanan kaderisasi seorang kader Muhammadiyah, peserta didik dapat menentukan bentuk kaderisasi pada ilustrasi tersebut dengan benar. |
C.3 |
|||
Disajikan salah satu
bentuk arah kaderisasi Muhammadiyah, peserta didik dapat memilih contoh arah
kaderisasi dalam kehidupan sehari-hari. |
C.5 |
|||
3 |
3.3
Memahamistruktur penjenjangan perkaderan
Organisasi Otonom Muhammadiyah |
Disajikan ilustrasi tentang jenjang perkaderan seorang kader Aisyiyah, peserta
didik dapat menentukan jenis,
perkaderan ‘Aisyiyah. |
XII/1 |
C.3 |
Disajikan ilustrasi profil seorang kader IPM, peserta didik dapat menentukan jenjang perkaderanyang telah
diikutinya sebagaimana dimaksud dalam ilustrasi. |
C.3 |
|||
Disajikan ilustrasi kader IPM yang melanjutkan sekolah di jenjang satuan pendidikan SMA/SMK/MA, peserta didik dapat menganalisis jenis, bentuk dan struktur jenjang perkaderan
yang bisa diikuti. |
C.4 |
|||
Disajikan pernyataan yang terkait dengan
perkaderan non formal
IPM, peserta didik
dapat menentukan contoh
kegiatan yang terkait dengan perkaderan non
formal. |
C.3 |
|||
Disajikan beberapa pernyataan tentang
komponen perkaderan IMM, peserta didik dapat mengemukakan
komponen perkaderan IMM
tersebut. |
C.2 |
|||
|
|
Disajikan pernyataan tentang kaderisasi formal
NA, peserta didik dapat memilih bentuk, jenjang perkaderan. |
|
C.5 |
Disajikan ilustrasi tentang kaderisasi formal Pemuda Muhammadiyah,
peserta didik dapat memilih bentuk
jenjang perkaderan. |
C.5 |
|||
Disajikan teks naratif
profil tentang seorang
kader Tapak Suci, peserta didik dapat mendeteksi jenjang perkaderan yang telah diikuti. |
C.4 |
|||
Disajikan tabel tentang perkaderan HW, peserta didik dapat mendeteksi jenjang perkaderan HW. |
C.4 |
|||
4 |
3.4 Memahami
respon Muhammadiyah terhadap Gerakan Islam transnasional |
Disajikan pernyataan tentang pergerakan Islam, peserta
didik dapat menunjukkan pengertian gerakan Islam
transnasional |
XII/2 |
C.1 |
Disajikan beberapa pernyataan tentang ciri gerakan Islam,
peserta didik dapat mendeteksi ciri- ciri gerakan Islam
transnasional. |
C.4 |
|||
Disajikan tabel tentang beberapa organisasi Islam di Indonesia beserta
ciri khususnya, peserta didik dapat
menganalisis beberapa organisasi yang berciri-ciri sebagai
gerakan Islam nasional. |
C.4 |
|||
Disajikan narasi tentang salah satu jenis
gerakan Islam transnasional, peserta didik dapat menilai gerakan Islam transnasional tersebut. |
C.5 |
|
|
Disajikan narasi tentang
respon Muhammadiyah terhadap kehadiran gerakan Islam transnasional, peserta
didik dapat menyimpulkan sikap gerakan Muhammadiyah pada narasi tersebut. |
|
C.4 |
5 |
3.5. Memahamipokok pikiran Islam berkemajuan |
Disajikan pernyataan tentang gerakan pencerahan Islam
berkemajuan, peserta didik
dapat merinci pengertian gerakan Islam berkemajuan. |
XII/2 |
C.2 |
Disajikan pernyataan tentang
salah satu pokok pikiran Islam berkemajuan, peserta
didik dapat mencontohkan dalam
kehidupan yang sesuai dengan
gerakan pencerahan. |
C.2 |
|||
Disajikan ilustrasi kasus tentang salah
satu pokok pikiran
Islam berkemajuan, peserta didik dapat menentukan pokok pikiran tersebut. |
C.3 |
|||
Disajikan kasus tentang
kondisi masyarakat yang berkaitan dengan
gerakan Islam, peserta didik dapat
menilai kasus tersebut berdasar sikap gerakan pencerahan Muhammadiyah. |
C.5 |
|||
6 |
3.1 Memahamiperiodesasi
dinamika
perjuangan Muhammadiyahdari awal
berdirihingga abad kedua |
Disajikan pernyataan tentang
kondisi pendidikan Islam, peserta didik dapat menemukan latar belakang penyebab kondisi tersebut terjadi. |
XI/1 |
C.4 |
Disajikan sejarah tokoh
nasional dalam perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia, peserta didik
dapat memilih contoh
tokoh yang berlatar belakang Muhammadiyah. |
C.5 |
|||
Disajikan pernyataan tentang dinamika perjuangan Muhammadiyah, peserta didik dapat menentukan peran
AR Fakhruddin terhadap bangsa. |
C.3 |
|||
Disajikan pernyataan tentang dinamika perjuangan Muhammadiyah, peserta didik dapat menentukan peran
sertaMuhammadiyah pada masa
reformasi. |
C.3 |
|||
7 |
3.2 Memahami matan
Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah(MADM) |
Disajikan beberapa pernyataan tentang pokok pikiran MADM, peserta didik dapat merumuskan pokok
pikiran yang tepat. |
XI/1 |
C.6 |
Disajikan pernyataan tentang MADM, peserta didik dapat memilih contoh yang benar
dari pokok pikiran
yang terdapat dalam
MADM. |
C.5 |
|||
8 |
3.3 Memahami matan Kepribadian Muhammadiyah |
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat merumuskan contoh sifat-sifat Muhammadiyah sesuai
matan Kepribadian Muhammadiyah. |
XI/1 |
C.6 |
9 |
3.4 Memahami Matan Keyakinan
dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah |
Disajikan sebuah narasi tentang MKCHM, peserta didik dapat menganalisis sebab perumusannya |
XI/2 |
C.4 |
Disajikan salah satu
isi MKCHM, siswa
dapat menampilkan contoh
implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. |
C.6 |
|||
10 |
3.5 Memahami matan Pedoman Hidup
Islami Warga Muhammadiyah(PHIWM) |
Disajikan tabel tentang
sistematika matan PHIWM,
peserta didik dapat
menyusun tabel yang belum terisi
dengan benar. |
XI/2 |
C.6 |
Disajikan matan
PHIWM, peserta didik
dapat menentukan bagian
sistematika matan PHIWM. |
C.3 |
|||
11 |
3.3 Memahami latar
belakang Muhammadiyah berdiri |
Disajikan teks naratif tentang
perjuangan Muhammadiyah setelah
kemerdekaan, peserta didik dapat menentukan contohkegiatan yang
diselenggarakan Muhammadiyah setelahkemerdekaan. |
XI/2 |
C.3 |
12 |
3.2 Memahami Janji Pelajar Muhammadiyah |
Disajikan cerita tentang aplikasi janji pelajar Muhammadiyah, peserta didik dapat menganalisiscerita yang sesuai dengan
butir janji pelajar
Muhammadiyah. |
X/1 |
C.4 |
|
|
|
|
|
Disajikan tabel redaksi janji Pelajar Muhammadiyah secara acak, peserta didik dapat mengurutkan teks janji
Pelajar Muhammadiyah secara
tepat. |
C.3 |
|||
13 |
3.3 Memahami latar belakang Muhammadiyah berdiri |
Disajikan teks
naratif tentang berdirinya Muhammadiyah kondisi umat
Islam pada saat
itu, peserta didik dapat
menganalisisbahwa tes tersebut merupakan faktor objektif dengan tepat. |
C.4 |
|
14 |
3.4
Memahami ciri gerakan Muhammadiyah sebagai gerakan Islam, gerakan dakwah amar ma’ruf nahi munkar, gerakan tajdid, dan gerakan nasional |
Disajikan beberapa pernyataan tentang ciri gerakan dakwah
Muhammadiyah, peserta didik dapat menjelaskan contoh ciri Muhammadiyah sebagai gerakantajdid. |
X/2 |
C.1 |
Disajikan narasi
peran Muhammadiyah sebagai
gerakan nasional, peserta
didik dapat menunjukkan contohnya dalam kehidupan
berbangsa dan bernegara. |
C.1 |
|||
15 |
3.6
Memahami Majelis, Lembaga, dan Organisasi Otonom Muhammadiyah |
Disajikan beberapa pernyataan tentang peran dan fungsi majelis serta lembaga dalam Muhammadiyah, peserta didik dapat menghubungkan contoh majelis/lembaga yang
dimaksud. |
X/2 |
C.6 |
Disajikan tabel tentang nama ortom beserta ciri khasnya dalam sistem perkaderan Muhammadiyah, peserta didik dapat menghubungkan pasangan yang sesuai
dengan tepat. |
C.6 |
Keterangan:
Level C1 |
: |
3 |
Jumlah: 50 |
Level C2 |
: |
4 |
|
Level C3 |
: |
13 |
|
Level C4 |
: |
15 |
|
Level C5 |
: |
8 |
|
Level C6 |
: |
7 |
Post a Comment