PENDIDIKAN AL QUR’AN HADITS - KISI-KISI US ISMUBA 2024 - Middun -->
QGxDcejG0K5y42ulRjpCEwY9XFqHHrCQFS9iVCtr
Bookmark

PENDIDIKAN AL QUR’AN HADITS - KISI-KISI US ISMUBA 2024



KISI-KISI UJIAN SEKOLAH

SEKOLAH MENENGAH ATAS/KEJURUAN MUHAMMADIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TP. 2023/2024

 

 

MATA PELAJARAN

: PENDIDIKAN AL QUR’AN HADITS

BENTUK SOAL

: PILIHAN GANDA (A, B, C, D, E)

ALOKASI WAKTU

: 90 MENIT

JUMLAH SOAL

: 50 BUTIR SOAL PILIHAN GANDA

 

A.   STANDAR KOMPETENSI LULUSAN : DIMENSI PENGETAHUAN

1.     Dimensi Pengetahuan

a.       Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, metakognitif dan suprarasional pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, humaniora, keislaman, kemuhammadiyahan dan bahasa arab.

b.       Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat, lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan internasional.

2.     Dimensi Keterampilan

Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak: kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif dan komunikatif melalui pendekatan yang beragam; normative, ilmiah dan pendekatan lain sesuai dengan yang dipelajari disatuan pendidikan dan sumber lain secara mandiri.

 

B.   KISI KISI SOAL




1.

3.1 Menganalisis Q.S. al- Hujurat (49): 10 dan 12 serta hadits tentang kontrol diri (mujahadah                         an-nafs), prasangka baik (husnuzzan),

dan persaudaraan (ukhuwah).

Disajikan kutipan Q.S al-Hujurat(49): 10, peserta didik dapat menilai perilaku yang sesuai

dengan makna Q.S. al-Hujurat (49): 10

X/I

C.5

Disajikan beberapa contoh perilaku tentang kontrol diri dalam kehidupan sehari- hari, peserta didik dapat menganalisis perilaku yang sesuai dengan pemahaman hadits tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs)

X/I

C.4

2.

3.2         Menganalisis     makna

Q.S. al- Baqarah (2): 30,

Q.S. az-Zariyat

(51): 56 dan Q.S. an-Nahl

(16): 78 tentang kedudukan manusia sebagai ‘abdullah dan khalifatullah fil ardh serta hadits terkait

Disajikan ilustrasi problem dan solusinya tentang kedudukan manusia sebagai ‘abdullah di masyarakat, peserta didik dapat menilai problem dan solusi tersebut sesuai dengan pemahaman

Q.S. az- Zariyat: 56

X/I

C.5

Disajikan pernyataan tentang konsep kedudukan manusia sebagai khalifatullah fil ardh dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menganalisis konsep yang sesuai dengan pemahaman hadits tentang manusia sebagai

khalifatullah fil ardh

X/I

C.4

3.

3.3 Menganalisis

Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan

Q.S. an-Nur (24): 2, tentang

Disajikan kasus tentang pergaulan bebas, perbuatan zina, dampaknya dan solusinya di

masyarakat, peserta didik dapat menilai kasus tersebut berdasarkan pemahaman terhadap hadits riwayat at-Tirmidzi dan Ahmad tentang larangan pergaulan bebas

X/2

C.5


 

larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina serta hadits

terkait

Disajikan sebuah pernyataan masalah dan satu strategi untuk menyelesaikan masalah tentang pergaulan bebas, peserta didik dapat menyelesaikan masalah itu dengan menggunakan strategi

lain sesuai dengan Q.S. al-Isra’ (17): 32

X/2

C.4

4.

3.1  Menganalisis  makna

Q.S. al- Maidah (5): 48; Q.S. an-Nisa (4): 59, dan Q.S. at- Taubah (9): 105, tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja, serta hadits terkait

Disajikan kutipan teks Q.S. an-Nisa (4): 59 peserta didik dapat menunjukkan makna keseluruhan

ayat tersebut dengan benar.

XI/1

C.2

Disajikan beberapa contoh perilaku kompetisi dan etos kerja dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menunjukkan perilaku yang sesuai dengan pemahaman terhadap Q.S. al-

Maidah (5): 48

XI/1

C.3

Disajikan ilustrasi tentang penerapan perilaku taat aturan sesuai dengan hadits riwayat Ahmad tentang               Ketaatan               Kepada              Allah               dalam               kehidupan          sehari-hari,        peserta               didik               dapat

menganalisisnya berdasarkan pemahaman terhadap makna hadits

XI/1

C.5

Disajikan narasi tentang cara membaca bacaan nun mati atau tanwin beserta alasannya yang terdapat pada Q.S. al-Jasiyah: 12- 13 peserta didik dapat menilai cara membaca dan alasannya

dengan benar

XI/1

C.6

5.

3.2         Menganalisis     makna

Q.S. al- Jasiyah: 12-13, al-Ankabut: 44,

ar-Rum: 8, as-

Sajdah: 4 tentang penciptaan alam sebagai tanda kekuasaan Allah serta

hadits terkait

Disajikan tabel yang berisi kutipan ayat Q.S. al-Ankabut: 44 beserta arti kata, peserta didik dapat

menjodohkan pasangan ayat dengan arti yang sesuai dalam tabel tersebut

XI/1

C.2

Disajikan beberapa contoh perilaku sebagai cerminan dari makna Q.S. as-Sajdah: 4, peserta

didik dapat menemukan makna yang paling sesuai dengan ayat tersebut.

XI/1

C.5

Disajikan narasi tentang penciptaan alam sebagai kekuasaan Allah sesuai dengan makna hadits dalam kehidupan sehari- hari, peserta didik dapat menganalisisnya sesuai dengan hadits riwayat Bukhori tentang penciptaan alam semesta

XI/1

C.4

3.3 Menganalisis makna Q.S. Yunus (10): 40- 41 dan Q.S. al- Maidah (5): 32, tentang toleransi, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan serta hadits terkait

Disajikan kutipan Q.S. Yunus (10): 40-41, peserta didik dapat mengartikan kutipan ayat yang

bergaris bawah dengan benar

XI/1

C.2

Disajikan kasus intoleransi dan alasannya yang terjadi di masyarakat, peserta didik dapat menilai

kasus tersebut sesuai dengan pemahaman Q.S. Yunus (10): 40-41

XI/2

C.5

Disajikan deskripsi satu argumentasi tentang toleransi, rukun, atau menghindarkan diri dari tindak kekerasan, peserta didik dapat memberikan alasan yang mendukung argumen yang

disajikan sesuai Q.S. al-Maidah (5): 32

XI/2

C.4

Disajikan teks hadits riwayat Bukhori Muslim terkait toleransi, rukun, dan menghindarkan diri

dari tindak kekerasan, peserta didik dapat menganalisis contoh perilaku yang sesuai dengan teks hadits

XI/2

C.4

Disajikan narasi tentang cara membaca bacaan nun mati atau tanwin pada Q.S. Yunus (10): 40-

41, peserta didik dapat menilai cara membacanya hukum tajwid dengan benar

XI/2

C.5

7

3.2 Menganalisis

makna Q.S. ar- Rum (30): 41-

42, Q.S. al- A’raf: 56-58, dan

Q.S.  al-  Baqarah  (2):  29

Disajikan tabel yang berisi kutipan ayat yang mengandung bacaan tarqiq pada Q.S. ar-Rum (30):

41-42, peserta didik dapat menunjukkan pasangan ayat dengan hukum bacaan yang sesuai

XI/2

C.2

Disajikan narasi arti dari Q.S. al-A’raf: 56-58 tentang menjaga kelestarian lingkungan hidup yang

masih acak, peserta didik dapat menyusun arti ayat dengan benar

XI/2

C.2


 

tentang menjaga kelestarian lingkungan hidup serta hadits terkait

Disajikan beberapa kasus tentang kerusakan lingkungan hidup sesuai Q.S. al-A’raf: 56 peserta didik dapat menemukan makna yang terdapat dalam kasus tersebut sesuai kandungan ayat dengan

benar.

XI/2

C.5

Disajikan kutipan teks hadits riwayat Bukhori Muslim tentang menjaga kelestarian lingkungan

hidup, peserta didik dapat menganalisis contoh perilaku yang sesuai dengan makna hadits




XI/2

C.4

8

3.1         Menganalisis    makna

Q.S. Ali Imran (3): 190- 191, dan Q.S.

Ali Imran (3):

159,    serta           hadits           tentang berpikir

kritis                  dan                  bersikap demokratis.

Disajikan tabel yang berisi kutipan Q.S. Ali Imran (3): 190-191 beserta arti katanya, peserta didik

dapat menjodohkan pasangan teks dengan arti yang sesuai

XII/1

C.1

Disajikan kutipan arti dari Q.S. Ali Imran (3): 190-191 yang belum sempurna, peserta didik dapat

melengkapi makna dengan benar

XII/1

C.2

Disajikan teks hadits tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis, peserta didik dapat

menentukan beberapa arti kata yang bergaris bawah dengan benar

XII/1

C.1

Disajikan ilustrasi beberapa contoh tentang praktik pelaksanaan demokrasi di sekolah, peserta

didik dapat menemukan contoh yang sesuai dengan pemahaman terhadap Q.S. Ali Imran (3): 159 dengan benar

XII/1

C.5

Disajikan contoh perilaku yang sesuai dengan Q.S. Ali Imran (3): 190-191 tetang berpikir kritis, peserta didik dapat menunjukkan contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dengan

benar

XII/1

C.3

Disajikan deskripsi tentang bersikap demokratis, peserta didik dapat memberikan alasan yang

mendukung argumen tersebut sesuai hadits riwayat at Tirmidzi tentang sikap demokratis

XII/1

C.4

Disajikan contoh kasus tentang kehidupan berdemokrasi dan alasan yang mendukungnya,

peserta didik dapat menilai contoh kasus tersebut sesuai dengan pemahaman Q.S. Ali Imran (3): 159

XII/1

C.5

Disajikan kutipan teks Q.S. Ali Imran (3): 191 yang mengandung hukum bacaan mad, peserta

didik dapat menunjukkan cara membacanya

XII/1

C.3

9

3.2 Menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. al- Nisa (4): 32 tentang dorongan rajin bekerja serta hadits terkait

Disajikan tabel yang berisi pasangan kutipan Q.S. an Nisa (4): 32 dengan arti katanya, peserta

didik dapat menjodohkan pasangan yang sesuai

XII/1

C.3

Disajikan beberapa kutipan arti Q.S. an-Nisa (4): 32, peserta didik dapat menganalisis arti dari

teks yang benar

XII/1

C.4

Disajikan teks hadits riwayat al-Bukhari tentang etos kerja, peserta didik dapat menunjukkan

arti kata yang bergaris bawah

XII/1

C.1

Disajikan arti hadits riwayat at Thabrani tentang profesionalisme dalam bekerja yang belum

sempurna, peserta didik dapat melengkapi arti secara keseluruhan sesuai dengan hadits tersebut

XII/1

C.2

Disajikan kutipan Q.S. an-Nisa (4): 32 tentang etos kerja, peserta didik dapat menemukan

perilaku yang sesuai

XII/1

C.5

Disajikan beberapa contoh perilaku rajin bekerja sehari-hari, peserta didik dapat menganalisis beberapa perilaku tersebut sesuai dengan aktualisasi dari isi hadits riwayat Tabrani tentang

profesionalisme dalam bekerja

XII/1

C.4

Disajikan kutipan Q.S. al- Nisa (4): 32, peserta didik dapat menunjukkan contoh penerapannya

XII/1

C.3


 

 

dalam kehidupan sehari-hari

 

 

Disajikan tabel yang berisi kutipan ayat yang mengandung bacaan nun mati atau tanwin pada

Q.S. al-Nisa (4): 32 beserta hukum bacaannya, peserta didik dapat menjodohkan pasangan teks ayat dengan hukum bacaanya yang sesuai

XII/1

C.2

10

3.3  Menganalisis  makna

Q.S. Luqman (31):

13-14 dan Q.S.

al-Baqarah (2):

83, tentang kewajiban bersyukur kepada Allah dan berbuat baik kepada sesama manusia, serta hadits terkait

Disajikan tabel yang berisi kutipan ayat Q.S. Luqman (31): 14 beserta artinya yang belum

sempurna, peserta didik dapat melengkapi arti teks yang belum sempurna dengan benar

XII/ 2

C.2

Disajikan teks hadits riwayat Muttafaqun Alaihi tentang kewajiban bersyukur kepada Allah dan berbuat baik kepada sesama manusia dengan beberapa garis bawah, peserta didik dapat

menunjukkan arti kata yang bergaris bawah dengan benar

XII/ 2

C.1

Disajikan narasi kasuistik tentang perilaku bersyukur kepada Allah dan berbuat baik kepada sesama manusia beserta alasannya, peserta didik dapat menilai berdasarkan pemahaman terhadap

Q.S. Luqman (31): 13-14 dengan benar

XII/ 2

C.6

Disajikan Hadits riwayat Muttafaqun Alaihi tentang kewajiban bersyukur kepada Allah,

peserta didik dapat menganalisis perilaku yang sesuai dengan hadits tersebut

XII/ 2

C.4

Disajikan kutipan teks Q.S. Luqman (31): 13, peserta didik dapat menunjukkan contoh

penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

XII/ 2

C.3

Disajikan ilustrasi cara membaca bacaan mad arid lisskun pada Q.S. al-Baqarah (2): 83,

peserta didik dapat menilai ilustrasi bacaan dengan benar

XII/ 2

C.5

11

3.4            Menganalisis                  dan mengevaluasi makna Q.S. al- Furqan (25): 74, tentang do’a orang tua agar mendapatkan            anak            cucu yang shalih, serta hadits terkait

Disajikan teks Q.S. al- Furqan (25): 74, peserta didik dapat menentukan arti kata bergaris bawah

dengan benar

XII/ 2

C.1

Disajikan teks hadits tentang do’a orang tua agar mendapatkan anak cucu yang shalih, peserta

didik dapat menentukan arti teks hadits dengan benar

XII/ 2

C.2

Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menemukan makna yang sesuai dengan hadits

riwayat Muslim tentang meminta do’a untuk orang lain

XII/ 2

C.6

Disajikan beberapa contoh perilaku praktik pengasuhan orang tua agar mendapatkan anak yang shaleh, peserta didik dapat menganalisis contoh perilaku tersebut sesuai dengan Q.S. al-Furqan

(25): 74

XII/ 2

C.4

Disajikan kutipan teks Q.S. al-Furqan (25): 74, peserta didik dapat menunjukkan contoh

penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dengan benar

XII/ 2

C.3

Disajikan narasi tentang cara membaca nun mati atau tanwin pada Q.S. al- Furqan (25): 74,

peserta didik dapat menilai cara membacanya dengan benar

XII/ 2

C.4

 

Keterangan:

Level C1

:

5

 

 

Jumlah: 50

Level C2

:

10

Level C3

:

7

Level C4

:

13

Level C5

:

12

Level C6

:

3

 

Post a Comment

Post a Comment