PENDIDIKAN FIQIH - KISI-KISI US ISMUBA 2024 - Middun -->
QGxDcejG0K5y42ulRjpCEwY9XFqHHrCQFS9iVCtr
Bookmark

PENDIDIKAN FIQIH - KISI-KISI US ISMUBA 2024

 


KISI-KISI UJIAN SEKOLAH

SEKOLAH MENENGAH ATAS/KEJURUAN MUHAMMADIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TP. 2023/2024

 

MATA PELAJARAN

: PENDIDIKAN FIKIH

BENTUK SAL

: PILIHAN GANDA (A, B, C, D, E)

 

ALKASI WAKTU

 

A. KISI KISI SAL

: 90 MENIT

JUMLAH SAL

: 50 BUTIR SAL PILIHAN GANDA

 


.



1.

 

Menganalisis kaifiyah thaharah sesuai HPT

Disajikan beberapa pernyataan tentang tatacara tayamum, peserta didik dapat menunjukkan urutan tata cara tayamum dengan benar

X/1

C1

Disajikan sebuah pernyataan tentang prosedur dalam berwudlu yang kurang tepat berikut

alasannya, peserta didik dapat menilai sesuai dengan ketentuan HPT.

X/1

C5

2

Menganalisis konsep aurat dalam

Islam

Disajikan pernyataan tentang konsep aurat, peserta didik dapat menentukan konsep aurat yang

sesuai dengan Q.S. An-Nuur /24:30

X/1

C3

3

Memahami ketentuan shalat

fardlu dan shalat sunnah

Disajikan beberapa pernyataan tentang shalat fardlu dan shalat sunnah, peserta didik dapat

membedakan shalat fardlu dan shalat sunnah.

X/1

C2

4

Menganalisis hikmah puasa

Disajikan teks narasi tentang perintah melaksanakan ibadah puasa bagi setiap muslim, peserta didik dapat memilih hikmah ibadah puasa dengan benar

X/2

C1

5

Menganalisis pelaksanaan ibadah

haji dan umroh

Disajikan beberapa pernyataan tentang syarat wajib, rukun dan sunah haji, peserta didik dapat

menentukan rukun haji sesuai ketentuan

X/2

C3

 

6

Memahami pelaksanaan

perawatan usia lanjut menjelang kematian

Disajikan teks narasi tentang pentingnya memperrsiapkan kematian dengan memperbanyak amalan pada usia lanjut, peserta didik menentukan amal ibadah yang sesuai pada usia lanjut

 

XI/1

 

C4

 

7

Memahami pelaksanaan penyelenggaraan perawatan

jenazah

Disajikan beberapa kegiatan penyelenggaraan perawatan janazah secara acak, peserta didik dapat mengurutkan tatacara memandikan jenazah sesuai ketentuan syari’at Islam

 

XI/1

 

C3

8

Memahami pelaksanaan shalat

berjama’ah

Disajikan hadits tentang keutamaan shalat berjama’ah, peserta didik dapat menetukan makna

yang terkandung dalam hadits tersebut dengan benar

XI/1

C3

9

Memahami ketentuan pelaksanaan

khutbah dan shalat Jum’at

Disajikan beberapa pernyataan terkait syarat dan rukun khutbah jum’at, peserta didik dapat

menunjukkan syarat khutbah Jum’at sesuai ketentuan syari’at Islam

XI/1

C1

10

 

Disajikan ilustrasi contoh perilaku pinjam meminjam, peserta didik dapat menentukan perilaku

tersebut sesuai makna Q.S. al-Maidah/5: 2

XI/2

C3


 

Memahami ketentuan tata cara melaksanakan pinjam meminjam

dan penemuan barang

Disajikan diskripsi tentang berbagai macam hukum mengambil luqathah (barang temuan), peserta didik dapat menentukan salah satu dari pengertian hukum luqathah yang paling sesuai

 

XI/2

 

C3

 

11

 

Menelaah prinsip-prinsip dan praktik ekonomi dalam Islam

Disajikan narasi pelaksanaan ekonomi Islam di Indonesia, peserta didik dapat menjelaskan

pengertian ekonomi Islam dengan tepat

XI/2

C1

Disajikan tabel keunggulan bank syari’ah dan bank konvensional secara acak, peserta didik

dapat menentukan keunggulan bank syari’ah dengan benar

XI/2

C3

 

12

Menelaah prinsip-prinsip jual beli/ mu’amalah sesuai dengan

ketentuan syari’at Islam

Disajikan syarat sah jual beli dan rukun jual beli, peserta didik dapat merumuskan syarat sah

jual beli dengan benar

XI/2

C5

Disajikan teks narasi tentang fakta jual beli yang sah atau yang terlarang, peserta didik dapat

menilai jual beli tersebut dalam kategori sesuai dengan ketentuan syari’at Islam

XI/2

C5

 

 

 

 

 

13

 

 

 

 

Menganalisis dan mengevaluasi ketentuan pernikahan dalam Islam

Disajikan hadits terkait pernikahan, peserta didik dapat menelaah hukum menikah dalam Islam

sesuai dengan makna hadits tersebut

XII/1

C4

Disajikan beberapa pernyataan tentang syarat dan rukun nikah, peserta didik dapat memilih syarat calon suami yang boleh menikahi seorang wanita

XII/1

C1

Disajikan teks narasi tentang tujuan manusia menikah baik secara individu, sosial dan negara,

peserta didik dapat menentukan tujuan pernikahan sesuai syari’at Islam

XII/1

C3

Disajikan ilustrasi tentang talak dipandang dari segi boleh tidaknya suami rujuk, peserta didik

dapat mengemukakan konsep talak raj’i sesuai ketentuan.

XII/1

C3

Disajikan teks narasi sebuah kasus talak dan rujuk, peserta didik dapat menentukan hikmahnya

sesuai teks narasi tersebut.

XII/1

C3

Disajikan teks informasi kasus permasalahan nikah beda agama, peserta didik dapat menilai

hukum pernikahan beda agama tersebut sesuai ketentuan syari’at Islam

XII/1

C5

 

 

 

 

 

14

 

 

 

 

Menganalisis dan mengevaluasi ketentuan waris dalam Islam




Disajikan ilustrasi tentang tidak bolehnya ahli waris menerima wasiat, peserta didik dapat

menentukan dalil naqli sebagai dasarnya dengan tepat.

XII/1

C3

Disajikan pernyataan tentang beberapa kriteria ahli waris, peserta didik dapat menentukan jenis ahli waris.

XII/1

C3

Disajikan sebuah hadits tentang salah satu penyebab batalnya hak waris, peserta didik dapat

menunjukkan penyebab batalnya hal waris sesuai hadits tersebut

XII/1

C4

Disajikan pernyataan tentang kriteria sebab perolehan bagian waris, peserta didik dapat

menentukan dzawul furudl sesuai dengan ketentuan.

XII/1

C4

Disajikan teks narasi contoh kasus terkait pembagian waris, peserta didik dapat menentukan

jenis ashabah sesuai dengan ketentuan.

XII/1

C4

Disajikan tabel pembagian waris, peserta didik dapat membedakan bagian-bagian yang

diterima ahli waris sesuai syari’ah Islam.

XII/1

C4

15

 

Disajikan ilustrasi tentang seseorang yang mendapatkan denda (diyat) akibat tindakan pidana

yang dilakukan, peserta didik dapat menentukan jenis diyat berdasarkan ilustrasi tersebut.

XII/1

C2


 

Menganalisis dan mengevaluasi ketentuan hudud dan diyat dalam Isam

Disajikan hadis Nabi saw. tentang hudud, peserta didik dapat menjelaskan pengertian hudud

dengan tepat

XII/1

C2

Disajikan beberapa pernyataan tentang prinsip hudud, peserta didik dapat menentukan prinsip

yang sesuai dengan makna Q.S. Al-Isra’/17:15

XII/1

C4

Disajikan ilustrasi contoh permasalahan zina ghairu muhsan, peserta didik dapat menentukan

hukuman bagi pelakunya sesuai ketentuan

XII/2

C4

Disajikan ilustrasi contoh permasalahan qadzaf, peserta didik dapat menentukan hukuman bagi

pelaku qadzaf sesuai ketentuan

XII/2

C4

Disajikan narasi sebuah permasalahan zina muhsan, peserta didik dapat memilih hukuman bagi

pelaku zina muhsan

XII/2

C4

Disajikan narasi contoh permasalahan diyat mukhaffafah, peserta didik dapat menentukan

hukuman bagi pelaku diyat mukhaffafah sesuai ketentuan

XII/2

C4

 

 

 

 

 

16

 

 

 

 

 

Memahami makna dan ketentuan jihad fii sabilillah

Disajikan ilustrasi pelaksanaan jihad fisabililah dalam kehidupan sehari hari, peserta didik

dapat menentukan makna jihad fii sabilillah berdasarkan makna Q.S At-Taubah/55: 122 dengan benar

 

XII/2

 

C3

Disajikan Q.S. An-Nisa/4: 95, peserta didik dapat menentukan hukum jihad fii sabililah sesuai dalil tersebut dengan benar

XII/2

C2

Disajikan ilustrasi tentang jihad menuntut ilmu, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis jihad

tersebut.

XII/2

C4

Disajikan narasi perilaku bersungguh-sungguh dalam berusaha pada kehidupan keseharian

seorang pelajar muslim, peserta didik dapat mengidentifikasi tujuan berjihad berdasarkan narasi tersebut dengan benar

 

XII/2

 

C4

Disajikan ilustrasi kasus jihad fii sabililah dalam bentuk memberantas perjudian dan peredaran

minuman keras, peserta didik dapat menilai tindakan tersebut berdasarkan makna jihad menurut paham Muhammadiyah

 

XII/2

 

C5

 

 

 

17

 

 

 

Memahami penyelenggaraan tabligh dan dakwah

Disajikan pernyataan tentang ciri-ciri gerakan jamaah dan dakwah jamaah, peserta didik dapat

menemukan tujuan gerakan jamaah dan dakwah jamaah dengan benar

XII/2

C4

Disajikan pendapat beberapa ulama tentang makna mingkum pada Q.S Ali Imran/3:104, peserta didik dapat menentukan dasar hukum bertabligh berdasarkan pendapat tersebut dengan

benar

 

XII/2

 

C3

Disajikan beberapa pernyataan tentang ciri-ciri kemampuan yang dimiliki oleh seorang da’i

secara umum, peserta didik dapat memilih kriteria kemampuan substantif da’i yang tepat

XII/2

C4

Disajikan teks informasi kasus terkait strategi dakwah masa kini, peserta didik dapat

menentukan kompetensi metodologis da’i dengan benar

XII/2

C3

 

18

Menganalisis dan mengevaluasi ketentuan adanya madzhab dalam agama Islam

Disajikan narasi tentang munculnya madzhab, peserta didik dapat mengidentifikasi pengertian

mazhab dalam fikih dengan benar

XII/2

C2

Disajikan teks deskripsi pengertian istilah madzab menurut ahli hukum Islam, peserta didik

dapat menentukan hikmah ikhtilaf dengan benar

XII/2

C2


 

 

Disajikan tabel jenis madzhab dan tokoh madzhab, peserta didik dapat menjodohkan tokoh

beserta mazhabnya dengan benar

XII/2

C2

Disajikan beberapa pernyataan tentang pokok-pokok metode istimbath, peserta didik dapat

mengurutkan metode istimbath menurut Abu Hanifah dengan benar

XII/2

C2

Disajikan beberapa pernyataan tentang pokok-pokok ijtihad, peserta didik dapat mengurutkan

kaidah istimbath menurut Imam Hambali dengan benar

XII/2

C3

Disajikan beberapa pernyataan tentang penyebab terjadinya ikhtilaf, peserta didik dapat

mengklasifikasikan sebab-sebab ikhtilaf yang benar

XII/2

C3

 

Keterangan:

Level C1

:

5

 

 

Jumlah: 50

Level C2

:

8

Level C3

:

17

Level C4

:

15

Level C5

:

5

Level C6

:

-

    
Post a Comment

Post a Comment