SEKOLAH MENENGAH ATAS/KEJURUAN MUHAMMADIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TP. 2023/2024
MATA PELAJARAN |
: PENDIDIKAN FIKIH |
BENTUK SAL |
: PILIHAN GANDA
(A, B, C, D, E) |
|
||||
ALKASI WAKTU A. KISI – KISI SAL |
: 90 MENIT |
JUMLAH SAL |
: 50 BUTIR
SAL PILIHAN GANDA |
|
||||
. |
|
|||||||
1. |
Menganalisis kaifiyah thaharah sesuai HPT |
Disajikan beberapa pernyataan tentang tatacara tayamum, peserta didik
dapat menunjukkan urutan tata cara
tayamum dengan benar |
X/1 |
C1 |
||||
Disajikan sebuah
pernyataan tentang prosedur dalam berwudlu yang
kurang tepat berikut alasannya, peserta
didik dapat menilai
sesuai dengan ketentuan HPT. |
X/1 |
C5 |
||||||
2 |
Menganalisis konsep aurat
dalam Islam |
Disajikan pernyataan tentang konsep aurat,
peserta didik dapat
menentukan konsep aurat yang sesuai dengan
Q.S. An-Nuur /24:30 |
X/1 |
C3 |
||||
3 |
Memahami ketentuan shalat fardlu dan shalat
sunnah |
Disajikan beberapa pernyataan tentang shalat
fardlu dan shalat
sunnah, peserta didik
dapat membedakan shalat
fardlu dan shalat
sunnah. |
X/1 |
C2 |
||||
4 |
Menganalisis hikmah
puasa |
Disajikan teks narasi tentang perintah
melaksanakan ibadah puasa bagi
setiap muslim, peserta didik dapat memilih hikmah ibadah puasa dengan benar |
X/2 |
C1 |
||||
5 |
Menganalisis pelaksanaan ibadah haji dan umroh |
Disajikan beberapa pernyataan tentang
syarat wajib, rukun dan sunah haji, peserta didik dapat menentukan rukun
haji sesuai ketentuan |
X/2 |
C3 |
||||
6 |
Memahami pelaksanaan perawatan usia
lanjut menjelang kematian |
Disajikan teks narasi
tentang pentingnya memperrsiapkan kematian dengan memperbanyak amalan pada usia lanjut, peserta didik menentukan
amal ibadah yang sesuai pada usia lanjut |
XI/1 |
C4 |
||||
7 |
Memahami pelaksanaan
penyelenggaraan perawatan jenazah |
Disajikan beberapa kegiatan
penyelenggaraan perawatan janazah secara
acak, peserta didik dapat
mengurutkan tatacara memandikan jenazah sesuai ketentuan syari’at Islam |
XI/1 |
C3 |
||||
8 |
Memahami pelaksanaan shalat berjama’ah |
Disajikan hadits
tentang keutamaan shalat
berjama’ah, peserta didik dapat menetukan makna yang terkandung dalam hadits tersebut dengan benar |
XI/1 |
C3 |
||||
9 |
Memahami ketentuan pelaksanaan khutbah dan shalat
Jum’at |
Disajikan beberapa pernyataan terkait syarat
dan rukun khutbah jum’at, peserta didik
dapat menunjukkan syarat
khutbah Jum’at sesuai
ketentuan syari’at Islam |
XI/1 |
C1 |
||||
10 |
|
Disajikan ilustrasi contoh perilaku pinjam
meminjam, peserta didik
dapat menentukan perilaku tersebut sesuai
makna Q.S. al-Maidah/5: 2 |
XI/2 |
C3 |
||||
|
Memahami ketentuan tata
cara melaksanakan pinjam meminjam dan penemuan barang |
Disajikan diskripsi tentang berbagai macam hukum
mengambil luqathah (barang
temuan), peserta didik
dapat menentukan salah satu dari pengertian hukum luqathah yang paling
sesuai |
XI/2 |
C3 |
11 |
Menelaah
prinsip-prinsip dan praktik ekonomi
dalam Islam |
Disajikan narasi
pelaksanaan ekonomi Islam
di Indonesia, peserta didik dapat menjelaskan pengertian ekonomi Islam dengan tepat |
XI/2 |
C1 |
Disajikan tabel
keunggulan bank syari’ah dan bank konvensional secara acak, peserta
didik dapat menentukan keunggulan bank syari’ah dengan benar |
XI/2 |
C3 |
||
12 |
Menelaah
prinsip-prinsip jual beli/ mu’amalah sesuai dengan ketentuan syari’at Islam |
Disajikan syarat sah jual beli dan rukun jual beli, peserta
didik dapat merumuskan syarat sah jual beli
dengan benar |
XI/2 |
C5 |
Disajikan teks narasi tentang
fakta jual beli yang sah atau yang terlarang, peserta
didik dapat menilai jual
beli tersebut dalam
kategori sesuai dengan
ketentuan syari’at Islam |
XI/2 |
C5 |
||
13 |
Menganalisis dan
mengevaluasi ketentuan pernikahan dalam
Islam |
Disajikan hadits
terkait pernikahan, peserta didik dapat menelaah hukum menikah dalam
Islam sesuai dengan
makna hadits tersebut |
XII/1 |
C4 |
Disajikan beberapa pernyataan tentang syarat dan rukun nikah, peserta
didik dapat memilih syarat calon
suami yang boleh menikahi seorang wanita |
XII/1 |
C1 |
||
Disajikan teks narasi tentang
tujuan manusia menikah
baik secara individu, sosial
dan negara, peserta didik
dapat menentukan tujuan
pernikahan sesuai syari’at Islam |
XII/1 |
C3 |
||
Disajikan ilustrasi tentang talak dipandang dari segi boleh tidaknya suami rujuk, peserta didik dapat mengemukakan konsep talak raj’i sesuai ketentuan. |
XII/1 |
C3 |
||
Disajikan teks
narasi sebuah kasus
talak dan rujuk,
peserta didik dapat
menentukan hikmahnya sesuai teks
narasi tersebut. |
XII/1 |
C3 |
||
Disajikan teks informasi kasus permasalahan nikah beda agama, peserta didik
dapat menilai hukum pernikahan beda agama tersebut sesuai
ketentuan syari’at Islam |
XII/1 |
C5 |
||
14 |
Menganalisis dan
mengevaluasi ketentuan waris dalam Islam |
Disajikan ilustrasi tentang tidak bolehnya ahli waris menerima wasiat, peserta didik
dapat menentukan dalil
naqli sebagai dasarnya dengan tepat. |
XII/1 |
C3 |
Disajikan pernyataan tentang beberapa kriteria ahli
waris, peserta didik
dapat menentukan jenis ahli waris. |
XII/1 |
C3 |
||
Disajikan sebuah
hadits tentang salah satu penyebab batalnya hak waris,
peserta didik dapat menunjukkan penyebab batalnya hal waris
sesuai hadits tersebut |
XII/1 |
C4 |
||
Disajikan pernyataan tentang kriteria sebab
perolehan bagian waris,
peserta didik dapat menentukan dzawul
furudl sesuai dengan
ketentuan. |
XII/1 |
C4 |
||
Disajikan teks narasi contoh
kasus terkait pembagian waris, peserta didik dapat menentukan jenis ashabah sesuai dengan ketentuan. |
XII/1 |
C4 |
||
Disajikan tabel
pembagian waris, peserta
didik dapat membedakan bagian-bagian yang diterima ahli
waris sesuai syari’ah Islam. |
XII/1 |
C4 |
||
15 |
|
Disajikan ilustrasi tentang seseorang yang mendapatkan denda (diyat) akibat tindakan pidana yang dilakukan, peserta didik dapat
menentukan jenis diyat
berdasarkan ilustrasi tersebut. |
XII/1 |
C2 |
|
Menganalisis dan
mengevaluasi ketentuan hudud dan diyat dalam Isam |
Disajikan hadis Nabi saw. tentang hudud,
peserta didik dapat menjelaskan pengertian hudud dengan tepat |
XII/1 |
C2 |
Disajikan beberapa pernyataan tentang prinsip hudud, peserta didik dapat menentukan prinsip yang sesuai
dengan makna Q.S.
Al-Isra’/17:15 |
XII/1 |
C4 |
||
Disajikan ilustrasi contoh permasalahan zina ghairu muhsan,
peserta didik dapat menentukan hukuman bagi
pelakunya sesuai ketentuan |
XII/2 |
C4 |
||
Disajikan ilustrasi contoh permasalahan qadzaf, peserta didik dapat menentukan hukuman bagi pelaku qadzaf sesuai ketentuan |
XII/2 |
C4 |
||
Disajikan narasi
sebuah permasalahan zina
muhsan, peserta didik
dapat memilih hukuman
bagi pelaku zina muhsan |
XII/2 |
C4 |
||
Disajikan narasi
contoh permasalahan diyat
mukhaffafah, peserta
didik dapat menentukan hukuman bagi
pelaku diyat mukhaffafah sesuai ketentuan |
XII/2 |
C4 |
||
16 |
Memahami makna
dan ketentuan jihad fii sabilillah |
Disajikan ilustrasi pelaksanaan jihad fisabililah dalam kehidupan sehari
hari, peserta didik dapat menentukan makna jihad fii sabilillah berdasarkan makna Q.S At-Taubah/55: 122 dengan benar |
XII/2 |
C3 |
Disajikan Q.S. An-Nisa/4: 95, peserta didik
dapat menentukan hukum
jihad fii sabililah sesuai dalil tersebut dengan benar |
XII/2 |
C2 |
||
Disajikan ilustrasi tentang jihad menuntut ilmu, peserta didik dapat
mengidentifikasi jenis
jihad tersebut. |
XII/2 |
C4 |
||
Disajikan narasi
perilaku bersungguh-sungguh dalam
berusaha pada kehidupan keseharian seorang pelajar muslim,
peserta didik dapat mengidentifikasi
tujuan berjihad berdasarkan narasi tersebut dengan benar |
XII/2 |
C4 |
||
Disajikan ilustrasi kasus jihad fii sabililah dalam bentuk memberantas perjudian dan peredaran minuman keras, peserta didik dapat menilai tindakan tersebut berdasarkan
makna jihad menurut paham Muhammadiyah |
XII/2 |
C5 |
||
17 |
Memahami penyelenggaraan tabligh dan dakwah |
Disajikan pernyataan tentang ciri-ciri gerakan jamaah dan dakwah
jamaah, peserta didik dapat menemukan tujuan
gerakan jamaah dan dakwah jamaah
dengan benar |
XII/2 |
C4 |
Disajikan pendapat beberapa ulama tentang makna
“mingkum” pada
Q.S Ali Imran/3:104, peserta didik
dapat menentukan dasar
hukum bertabligh berdasarkan pendapat tersebut dengan benar |
XII/2 |
C3 |
||
Disajikan beberapa pernyataan tentang ciri-ciri kemampuan yang dimiliki oleh seorang da’i secara umum,
peserta didik dapat
memilih kriteria kemampuan substantif da’i yang
tepat |
XII/2 |
C4 |
||
Disajikan teks informasi kasus terkait strategi dakwah masa kini, peserta didik dapat menentukan kompetensi metodologis da’i dengan
benar |
XII/2 |
C3 |
||
18 |
Menganalisis dan mengevaluasi ketentuan adanya
madzhab dalam agama Islam |
Disajikan narasi
tentang munculnya madzhab, peserta didik dapat
mengidentifikasi pengertian mazhab dalam
fikih dengan benar |
XII/2 |
C2 |
Disajikan teks deskripsi pengertian istilah madzab menurut ahli hukum Islam,
peserta didik dapat menentukan hikmah ikhtilaf
dengan benar |
XII/2 |
C2 |
|
|
Disajikan tabel
jenis madzhab dan tokoh madzhab, peserta didik dapat
menjodohkan tokoh beserta mazhabnya dengan benar |
XII/2 |
C2 |
Disajikan beberapa pernyataan tentang pokok-pokok metode istimbath, peserta didik dapat mengurutkan metode
istimbath menurut Abu Hanifah dengan
benar |
XII/2 |
C2 |
||
Disajikan beberapa
pernyataan tentang pokok-pokok ijtihad, peserta didik dapat mengurutkan kaidah istimbath menurut Imam Hambali dengan
benar |
XII/2 |
C3 |
||
Disajikan beberapa pernyataan tentang penyebab terjadinya ikhtilaf, peserta didik dapat mengklasifikasikan sebab-sebab ikhtilaf yang benar |
XII/2 |
C3 |
Keterangan:
Level C1 |
: |
5 |
Jumlah: 50 |
Level C2 |
: |
8 |
|
Level C3 |
: |
17 |
|
Level C4 |
: |
15 |
|
Level C5 |
: |
5 |
|
Level C6 |
: |
- |
Post a Comment