KISI-KISI UJIAN SEKOLAH
SEKOLAH MENENGAH ATAS/KEJURUAN MUHAMMADIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TP. 2023/2024
MATA PELAJARAN |
: PENDIDIKAN BAHASA ARAB |
BENTUK SOAL |
: PILIHAN
GANDA (A, B, C, D, E) |
ALOKASI WAKTU |
: 90
MENIT |
JUMLAH SOAL |
: 50 BUTIR SOAL
PILIHAN GANDA |
A. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN :
1. DIMENSI PENGETAHUAN
a.
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, metakognitif dan suprarasional pada tingkat teknis
dan spesifik sederhana berkenaan dengan: ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, humaniora, keislaman, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab.
b. Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks
diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
Negara dan kawasan regional
B. KISI – KISI SOAL
|
||||
Menyajikan arti kosa
kata dan atau
kalimat dalam wacana tentang At- Ta’aruf (Perkenalan) |
Disajikan wacana tentang
At-Ta’aruf (Perkenalan), Peserta didik dapat memasangkan arti kosa kata dengan
gambar. |
X/1 |
C3 |
|
2. |
Memahami wacana terkait topik as-Sakan
(tempat tinggal) berunsur dlamir
munfashil |
Disajikan teks bacaan
rumpang terkait topik,
peserta didik dapat
membedakan unsur dlamir munfashil mufrad, mutsanna dan jama’. |
X/1 |
C4 |
3. |
Memahami wacana terkait topik al-Ilmu
(ilmu) berunsur isim nakirah
dan ma’rifah |
Disajikan wacana tentang
al-‘ilmu (ilmu), peserta didik dapat memerinci informasi yang terdapat dalam wacana. |
X/1 |
C4 |
4. |
Memahami wacana terkait
topik biiatul madrasah (lingkungan sekolah) berunsur Harf Jar dan dharaf Makan |
Disajikan wacana terkait
topik, peserta didik
mampu mengkategorikan Harf Jar dan Dharaf Makan. |
X/1 |
C4 |
5. |
Membaca teks sederhana terkait topik al-Jawwu (cuaca) berunsur Jumlah Ismiyyah |
Disajikan kalimat sederhana terkait topik berunsur Jumlah Ismiyyah, peserta didik dapat menentukan jenis Khabar. |
X/1 |
C3 |
6. |
Mampu berkomunikasi secara verbal tentang topik “Muhammad Utusan Allah” (للاه ُÙ„ ْÙˆ ُس َر ٌد َّÙ… َØ ُÙ… ) berunsur Fi’il
Madhi dan Mudhori’, serta topik “Hijrah
Rosul dan Sahabat” (هة َØابَ َّص َوال هل ْÙˆ ُس َّر ال َرةُ ْج هه ) berunsur Maf’ul Bih. |
Disajikan teks tentang “Muhammad Utusan Allah”
(للاه ُÙ„ ْÙˆ ُس َر َّمدٌ َØ ُÙ… ), siswa
mampu memerinci informasi dalam teks
tersebut. |
XI/1 |
C3 |
mampu siswa
), هه ْج َرةُ ال
َّر ُس ْÙˆ هل َوال َّص
َØا َب هة( Sahabat” dan
Rosul “Hijrah tentang dialog
Disajikan menentukan ungkapan tanya
yang sesuai. |
XI/1 |
C3 |
||
mampu siswa
) هه ْج َرةُ ال
َّر ُس ْÙˆ هل َوال َّص
َØا َب هة( sahabat” dan rasul “hijrah tentang dialog Disajikan menentukan ungkapan jawab yang sesuai. |
XI/1 |
C3 |
||
7 |
Mampu membaca
nyaring, memahami makna tersirat dan tersurat, dan merefleksi teks
tertulis |
Disajikan teks tentang “Muhammad Utusan Allah”
(للاه ُÙ„ ْÙˆ ُس َر َّمدٌ َØ ُÙ… ) , siswa
mampu mengoreksi penggunaan Fi’il Madhi
dan Mudhori’ yang tidak sesuai |
XI/1 |
C4 |
|
tentang
topik “Muhammad
Utusan
Allah”
( ٌد َّÙ… َØ ُÙ… للاه ُÙ„
ْÙˆ ُس َر ) berunsur Fi’il Madhi dan Mudhori’, serta
topik
“Hijrah
Rasul
dan Sahabat” ( هل ْÙˆ ُس َّر ال َرةُ ْج هه Bih.
Maf’ul berunsur
) َوال َّص َØا َب هة |
berunsur ) هه ْج َرةُ ال َّر ُس ْÙˆ هل
َوال َّص َØا
َب هة( Sahabat” dan Rosul
“Hijrah tentang kalimat Disajikan Maf’ul Bih,
siswa mampu menentukan arti yang sesuai |
XI/1 |
C4 |
8 |
Mampu berkomunikasi secara verbal
tentang topik “Sahabat Rasul” (َبة َØا َّص ال) berunsur dlamir muttashil
lil fail wa lil maf’ul, serta
topik “Hijrah Rosul dan Sahabat” (ْصالَØÙ‡ هإل ا ُØ¡ َما َع ز) berunsur fi’il mazid. |
Disajikan percakapan tentang “Tokoh Pembaharua Islam” (ْصالَØÙ‡ هإل اْ ٌØ¡ َما َع ُز ) peserta
didik dapat mengartikan kosakata tertentu. |
XI/2 |
C3 |
Disajikan percakapan rumpang tentang “sahabat rosul” (َبةٌ َØا َّص ال) disertai gambar, peserta didik dapat
melengkapi ungkapan jawab
sesuai gambar. |
XI/2 |
C4 |
||
9 |
Mampu
menyampaikan gagasan secara tertulis tentang topik “Sahabat Rasul” (َبة َØا َّص ال) berunsur dlamir muttashil lil fail wa lil maf’ul, serta topik “Hijrah Rosul dan Sahabat” (ْصالَØÙ‡ هإل ا ُØ¡ َما َع ُز ) berunsur fi’il mazid. |
Disajikan kalimat rumpang tentang “Sahabat Rasul” (َبة َØا َّص ال) , siswa mampu melengkapi dlamir muttashil lil fail wa lil maf’ul yang tepat. |
XI/2 |
C6 |
Disajikan kosakata tentang “Hijrah Rosul dan Sahabat” (ْصالَØÙ‡ هإل اْ ُØ¡ َما َع ُز ), siswa mampu memilih gambar yang
sesuai. |
XI/2 |
C3 |
||
Disajikan gambar tentang “Hijrah Rosul dan Sahabat” (ْصالَØÙ‡ هإل اْ ُØ¡ َما َع ُز ), siswa mampu memilih kosakata yang sesuai. |
XI/2 |
C3 |
||
10 |
Mampu berkomunikasi secara verbal tentang
topik “Kesehatan” )الصØØ©( berunsur fi’il mabni lil-majhul, topik “Media Komunikasi” )االتصال وسائل( berunsur
‘adawatul istifham |
Disajikan ungkapan tanya
dalam dialog tentang Ash-shihhah (kesehatan), siswa mampu menentukan ungkapan jawab
yang benar. |
XII/1 |
C3 |
Disajikan dialog tentang
Ash-shihhah (kesehatan), siswa mampu mengartikan kalimat yang bergaris bawah. |
XII/1 |
C3 |
||
Disajikan dialog rumpang tentang Ash-shihhah (kesehatan), siswa mampu
melengkapi dengan ungkapan tanya. |
XII/1 |
C3 |
||
Disajikan dialog tentang
Wasailul ittishal (media komunikasi), siswa mampu melengkapi dialog sesuai gambar. |
XII/1 |
C3 |
||
Disajikan ungkapan tanya dalam dialog tentang Wasailul ittishal (media komunikasi), siswa mampu menentukan ungkapan jawab yang benar. |
XII/1 |
C3 |
||
Disajikan dialog tentang Wasailul ittishal (media komunikasi), siswa
mampu mengartikan kata yang bergaris bawah. |
XII/1 |
C2 |
||
Disajikan dialog dalam
bahasa Indonesia tentang
Wasailul ittishal (media komunikasi), siswa mampu mengartikan kedalam
bahasa Arab. |
XII/1 |
C3 |
||
11 |
Mampu membaca nyaring, memahami makna tersirat dan tersurat, dan merefleksi teks
tertulis tentang topik “Kesehatan” )الصØØ©( berunsur fi’il mabni lil-majhul, serta topik “Media
Komunikasi” )االتصال
وسائل( berunsur ‘adawatul istifham |
Disajikan wacana terkait
topik Ash-shihhah (kesehatan), siswa mampu
memerinci isi wacana |
XII/1 |
C4 |
Disajikan bacaan terkait
topik Ash-shihhah (kesehatan), siswa mampu mengartikan frase yang bergaris bawah. |
XII/1 |
C3 |
||
Disajikan wacana terkait topik Wasailul ittishal (media komunikasi), siswa dapat menyimpulkan gagasan
utama dari wacana
tersebut. |
XII/1 |
C4 |
||
Disajikan wacana tentang Wasailul ittishal (media komunikasi),
siswa dapat memerinci informasi yang terdapat dalam
wacana. |
XII/1 |
C4 |
|
|
Disajikan gambar
terkait topik Wasailul ittishal (media komunikasi), siswa
mampu menentukan kosakata
yang tepat. |
XII/1 |
C |
12 |
Mampu
menyampaikan gagasan secara tertulis tentang
topik “Kesehatan” )الصØØ©(
berunsur fi’il mabni lil-majhul, dan topik “Media
Komunikasi” )االتصال
وسائل(berunsur ‘adawatul istifham |
Disajikan kalimat sederhana tentang Ash-shihhah
(kesehatan), siswa dapat mengidentifikasi kalimat berunsur fi’il mabni
lil-majhul. |
XII/1 |
C3 |
Disajikan gambar tentang
Ash-shihhah (kesehatan), siswa mampu menentukan kosakata terkait gambar. |
XII/1 |
C3 |
||
Disajikan kalimat tentang
Ash-shihhah (kesehatan), siswa
mampu mengartikan frasa yang bergaris bawah. |
XII/1 |
C3 |
||
Disajikan kalimat rumpang tentang Ash-shihhah (kesehatan), siswa mampu
melengkapi dengan fi’il mabni lil-majhul. |
XII/1 |
C5 |
||
Disajikan kalimat tentang Wasailul ittishal (media komunikasi),
siswa mampu menyeleksi kalimat berunsur adawatul istifham. |
XII/1 |
C4 |
||
Disajikan gambar tentang Wasailul ittishal (media komunikasi),
siswa mampu menentukan kosakata yang tepat. |
XII/1 |
C3 |
||
Disajikan kalimat
tentang Wasailul ittishal (media komunikasi), siswa mampu mengartikan kalimat sesuai topik. |
XII/1 |
C3 |
||
Disajikan kalimat rumpang tentang Wasailul
ittishal (media komunikasi), siswa mampu melengkapi dengan adawatul istifham. |
XII/1 |
C5 |
||
Disajikan kalimat acak tentang Wasailul ittishal (media komunikasi), siswa mampu
menyusun menjadi kalimat sederhana. |
XII/1 |
C3 |
||
Disajikan tabel bergambar tentang Wasailul
ittishal (media komunikasi), siswa dapat mengelompokkan sesuai kategori. |
XII/1 |
C5 |
||
Disajikan gambar tentang
Ash-shihhah (kesehatan), siswa mampu menentukan fungsi alat sesuai gambar. |
XII/1 |
C3 |
||
13 |
Mampu berkomunikasi secara verbal tentang topik “Transportasi” )هت َصالَ َوا ْلمـُ ا( berunsur isim tafdhil. |
Disajikan ungkapan tanya dalam dialog tentang “Transportasi” )هت
َصالَ َوا ْلمـُ ا( , siswa mampu menentukan ungkapan jawab
yang benar. |
XII/1 |
C3 |
Disajikan dialog tentang “Transportasi” )هت َصالَ َوا ْلمـُ ا( , siswa mampu mengartikan kalimat yang bergaris bawah. |
XII/1 |
C3 |
||
Disajikan dialog rumpang tentang “Transportasi” )هت
َصالَ َوا ْلمـُ ا( , siswa mampu melengkapi dengan ungkapan tanya. |
XII/1 |
C3 |
||
Disajikan dialog
tentang “Transportasi” )هت َصالَ َوا ْلمـُ ا( , siswa mampu melengkapi dialog sesuai gambar. |
XII/1 |
C3 |
||
14 |
Mampu membaca nyaring, memahami makna tersirat dan tersurat, dan merefleksi teks tertulis
tentang topik “Transportasi” )هت َصالَ َوا ْلمـُ ا( berunsur isim tafdhil. |
Disajikan bacaan terkait topik “Transportasi”)هت َصالَ َوا ْلمـُ ا( , siswa mampu mengartikan frase yang bergaris bawah. |
XII/1 |
C3 |
Disajikan wacana terkait topik “Transportasi”)هت َصالَ َوا ْلمـُ ا( , siswa dapat menyimpulkan gagasan utama dari wacana tersebut. |
XII/1 |
C4 |
||
15 |
|
Disajikan kalimat sederhana tentang “Transportasi”)هت َصالَ َوا ْلمـُ ا( , siswa dapat mengidentifikasi kalimat berunsur isim tafdhil. |
XII/1 |
C3 |
|
Mampu menyampaikan gagasan secara tertulis tentang
topik “Transportasi” )هت َصالَ َوا ْلمـُ ا( berunsur isim
tafdhil. |
Disajikan gambar tentang “Transportasi”)هت َصالَ َوا ْلمـُ ا( , siswa mampu menentukan kosakata terkait gambar. |
XII/1 |
C3 |
Disajikan kalimat tentang “Transportasi”)هت َصالَ َوا ْلمـُ ا( , siswa
mampu menyimpulkan gagasan dari wacana
tersebut. |
XII/1 |
C3 |
||
Disajikan kalimat rumpang tentang
“Transportasi”)هت َصالَ َوا ْلمـُ ا( , siswa mampu melengkapi dengan isim
tafdhil. |
XII/1 |
C5 |
||
Disajikan kalimat tentang “Transportasi” )هت
َصالَ َوا ْلمـُ ا( , siswa mampu menyeleksi kalimat tentang topik tersebut |
XII/1 |
C4 |
||
Disajikan gambar tentang “Transportasi”)هت َصالَ َوا ْلمـُ ا( , siswa mampu menentukan kalimat yang tepat. |
XII/1 |
C3 |
Keterangan:
Level C1 |
: |
- |
Jumlah: 50 |
Level C2 |
: |
1 |
|
Level C3 |
: |
31 |
|
Level C4 |
: |
13 |
|
Level C5 |
: |
4 |
|
Level C6 |
: |
1 |
Post a Comment