KISI-KISI UJIAN SEKOLAH
SEKOLAH MENENGAH ATAS/KEJURUAN MUHAMMADIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TP. 2023/2024
MATA PELAJARAN |
: PENDIDIKAN AL QUR’AN
HADITS |
BENTUK SOAL |
: PILIHAN
GANDA (A, B, C, D, E) |
ALOKASI WAKTU |
: 90
MENIT |
JUMLAH SOAL |
: 50 BUTIR SOAL
PILIHAN GANDA |
A.
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
: DIMENSI PENGETAHUAN
1.
Dimensi Pengetahuan
a.
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, metakognitif dan suprarasional pada tingkat teknis
dan spesifik sederhana
berkenaan dengan ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, humaniora, keislaman, kemuhammadiyahan
dan bahasa arab.
b.
Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks
diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat, lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, kawasan regional, dan
internasional.
2. Dimensi Keterampilan
Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak: kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif dan komunikatif melalui
pendekatan yang beragam; normative, ilmiah dan pendekatan lain
sesuai dengan yang dipelajari disatuan pendidikan dan sumber lain secara
mandiri.
B.
KISI – KISI SOAL
|
|
|||
1. |
3.1 Menganalisis Q.S. al- Hujurat (49): 10 dan 12 serta hadits
tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs),
prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah). |
Disajikan kutipan Q.S al-Hujurat(49): 10, peserta didik dapat menilai perilaku yang sesuai dengan makna
Q.S. al-Hujurat (49):
10 |
X/I |
C.5 |
Disajikan beberapa contoh perilaku tentang kontrol diri
dalam kehidupan sehari- hari, peserta didik dapat menganalisis perilaku yang
sesuai dengan pemahaman hadits tentang
kontrol diri (mujahadah an-nafs) |
X/I |
C.4 |
||
2. |
3.2 Menganalisis makna Q.S. al-
Baqarah (2): 30, Q.S. az-Zariyat (51): 56 dan Q.S. an-Nahl (16):
78 tentang kedudukan manusia sebagai ‘abdullah
dan khalifatullah fil ardh serta
hadits terkait |
Disajikan ilustrasi problem dan solusinya tentang kedudukan manusia sebagai ‘abdullah di masyarakat, peserta didik
dapat menilai problem
dan solusi tersebut sesuai dengan pemahaman Q.S. az- Zariyat: 56 |
X/I |
C.5 |
Disajikan pernyataan tentang konsep kedudukan manusia sebagai khalifatullah fil ardh dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menganalisis konsep
yang sesuai dengan
pemahaman hadits tentang manusia sebagai khalifatullah fil ardh |
X/I |
C.4 |
||
3. |
3.3 Menganalisis Q.S. al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. an-Nur (24):
2, tentang |
Disajikan kasus tentang pergaulan bebas,
perbuatan zina, dampaknya dan solusinya di masyarakat, peserta
didik dapat menilai kasus tersebut berdasarkan pemahaman terhadap hadits riwayat at-Tirmidzi dan Ahmad
tentang larangan pergaulan bebas |
X/2 |
C.5 |
|
larangan pergaulan bebas dan
perbuatan zina serta hadits terkait |
Disajikan sebuah
pernyataan masalah dan satu strategi untuk menyelesaikan masalah tentang
pergaulan bebas, peserta
didik dapat menyelesaikan masalah itu dengan
menggunakan strategi lain sesuai
dengan Q.S. al-Isra’ (17): 32 |
X/2 |
C.4 |
4. |
3.1 Menganalisis makna Q.S. al- Maidah
(5): 48; Q.S. an-Nisa (4): 59, dan Q.S.
at- Taubah (9): 105,
tentang taat pada aturan,
kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja, serta hadits terkait |
Disajikan kutipan
teks Q.S. an-Nisa
(4): 59 peserta didik dapat menunjukkan makna keseluruhan ayat tersebut dengan benar. |
XI/1 |
C.2 |
Disajikan beberapa contoh perilaku kompetisi dan etos kerja
dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik
dapat menunjukkan perilaku yang sesuai dengan
pemahaman terhadap Q.S. al- Maidah (5):
48 |
XI/1 |
C.3 |
||
Disajikan
ilustrasi tentang penerapan perilaku taat aturan sesuai dengan hadits riwayat
Ahmad tentang Ketaatan Kepada Allah dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menganalisisnya berdasarkan pemahaman terhadap makna
hadits |
XI/1 |
C.5 |
||
Disajikan narasi
tentang cara membaca bacaan
nun mati atau tanwin beserta alasannya yang terdapat pada Q.S. al-Jasiyah: 12- 13 peserta
didik dapat menilai cara membaca dan alasannya dengan benar |
XI/1 |
C.6 |
||
5. |
3.2 Menganalisis makna Q.S. al- Jasiyah: 12-13, al-Ankabut: 44, ar-Rum: 8, as- Sajdah:
4 tentang penciptaan alam sebagai tanda kekuasaan Allah
serta hadits terkait |
Disajikan tabel yang
berisi kutipan ayat Q.S. al-Ankabut: 44 beserta arti
kata, peserta didik
dapat menjodohkan pasangan ayat dengan arti yang
sesuai dalam tabel
tersebut |
XI/1 |
C.2 |
Disajikan beberapa contoh
perilaku sebagai cerminan dari makna Q.S.
as-Sajdah: 4, peserta didik dapat
menemukan makna yang
paling sesuai dengan
ayat tersebut. |
XI/1 |
C.5 |
||
Disajikan narasi tentang penciptaan alam sebagai kekuasaan Allah sesuai
dengan makna hadits dalam kehidupan sehari- hari,
peserta didik dapat
menganalisisnya sesuai dengan
hadits riwayat Bukhori
tentang penciptaan alam semesta |
XI/1 |
C.4 |
||
3.3
Menganalisis makna Q.S. Yunus (10): 40-
41 dan Q.S.
al- Maidah (5): 32, tentang toleransi, rukun, dan menghindarkan diri
dari tindak kekerasan serta
hadits terkait |
Disajikan kutipan Q.S. Yunus (10): 40-41, peserta
didik dapat mengartikan kutipan ayat yang bergaris bawah
dengan benar |
XI/1 |
C.2 |
|
Disajikan kasus intoleransi dan alasannya yang terjadi
di masyarakat, peserta didik dapat menilai kasus tersebut sesuai dengan pemahaman Q.S. Yunus (10):
40-41 |
XI/2 |
C.5 |
||
Disajikan
deskripsi satu argumentasi tentang toleransi, rukun, atau menghindarkan diri
dari tindak kekerasan, peserta didik
dapat memberikan alasan
yang mendukung argumen
yang disajikan sesuai
Q.S. al-Maidah (5): 32 |
XI/2 |
C.4 |
||
Disajikan teks
hadits riwayat Bukhori
Muslim terkait toleransi, rukun, dan menghindarkan diri dari tindak
kekerasan, peserta didik
dapat menganalisis contoh
perilaku yang sesuai
dengan teks hadits |
XI/2 |
C.4 |
||
Disajikan narasi tentang cara membaca bacaan nun mati atau tanwin pada
Q.S. Yunus (10): 40- 41, peserta didik dapat menilai cara membacanya hukum
tajwid dengan benar |
XI/2 |
C.5 |
||
7 |
3.2 Menganalisis makna Q.S.
ar- Rum (30):
41- 42, Q.S. al- A’raf:
56-58, dan Q.S. al- Baqarah (2): 29 |
Disajikan tabel yang
berisi kutipan ayat yang mengandung bacaan tarqiq pada Q.S. ar-Rum
(30): 41-42, peserta didik dapat menunjukkan pasangan ayat dengan
hukum bacaan yang sesuai |
XI/2 |
C.2 |
Disajikan narasi arti
dari Q.S. al-A’raf: 56-58 tentang menjaga
kelestarian lingkungan hidup
yang masih acak,
peserta didik dapat menyusun arti ayat dengan
benar |
XI/2 |
C.2 |
|
tentang
menjaga kelestarian lingkungan hidup serta
hadits terkait |
Disajikan beberapa kasus tentang kerusakan lingkungan hidup
sesuai Q.S. al-A’raf: 56 peserta didik dapat menemukan makna yang terdapat dalam kasus tersebut sesuai kandungan ayat dengan benar. |
XI/2 |
C.5 |
Disajikan kutipan teks hadits riwayat
Bukhori Muslim tentang
menjaga kelestarian lingkungan hidup, peserta didik dapat menganalisis contoh perilaku yang
sesuai dengan makna
hadits |
XI/2 |
C.4 |
||
8 |
3.1 Menganalisis makna Q.S. Ali
Imran (3): 190- 191, dan Q.S. Ali Imran
(3): 159, serta hadits tentang berpikir kritis dan bersikap demokratis. |
Disajikan tabel yang berisi kutipan Q.S. Ali Imran (3): 190-191 beserta arti katanya, peserta didik dapat menjodohkan pasangan teks dengan
arti yang sesuai |
XII/1 |
C.1 |
Disajikan kutipan arti
dari Q.S. Ali
Imran (3): 190-191 yang belum sempurna, peserta didik dapat melengkapi makna
dengan benar |
XII/1 |
C.2 |
||
Disajikan teks hadits
tentang berpikir kritis
dan bersikap demokratis, peserta didik dapat menentukan beberapa arti kata yang
bergaris bawah dengan
benar |
XII/1 |
C.1 |
||
Disajikan ilustrasi beberapa contoh tentang praktik
pelaksanaan demokrasi di sekolah, peserta didik dapat
menemukan contoh yang
sesuai dengan pemahaman terhadap Q.S. Ali Imran (3):
159 dengan benar |
XII/1 |
C.5 |
||
Disajikan contoh
perilaku yang sesuai
dengan Q.S. Ali Imran (3):
190-191 tetang berpikir kritis, peserta didik dapat
menunjukkan contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dengan benar |
XII/1 |
C.3 |
||
Disajikan deskripsi tentang
bersikap demokratis, peserta
didik dapat memberikan alasan yang mendukung argumen tersebut sesuai hadits
riwayat at Tirmidzi tentang sikap demokratis |
XII/1 |
C.4 |
||
Disajikan contoh
kasus tentang kehidupan berdemokrasi dan alasan
yang mendukungnya, peserta didik
dapat menilai contoh
kasus tersebut sesuai
dengan pemahaman Q.S.
Ali Imran (3): 159 |
XII/1 |
C.5 |
||
Disajikan kutipan teks Q.S. Ali Imran (3): 191 yang mengandung hukum
bacaan mad, peserta didik dapat
menunjukkan cara membacanya |
XII/1 |
C.3 |
||
9 |
3.2
Menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. al- Nisa (4): 32 tentang dorongan
rajin bekerja serta hadits terkait |
Disajikan tabel yang
berisi pasangan kutipan
Q.S. an Nisa (4): 32 dengan arti katanya, peserta didik dapat
menjodohkan pasangan yang sesuai |
XII/1 |
C.3 |
Disajikan beberapa kutipan
arti Q.S. an-Nisa (4): 32, peserta didik dapat menganalisis arti dari teks yang
benar |
XII/1 |
C.4 |
||
Disajikan teks hadits
riwayat al-Bukhari tentang
etos kerja, peserta
didik dapat menunjukkan arti kata yang bergaris bawah |
XII/1 |
C.1 |
||
Disajikan arti hadits
riwayat at Thabrani tentang profesionalisme dalam
bekerja yang belum sempurna, peserta didik dapat melengkapi arti secara keseluruhan sesuai dengan hadits
tersebut |
XII/1 |
C.2 |
||
Disajikan kutipan Q.S.
an-Nisa (4): 32 tentang etos
kerja, peserta didik
dapat menemukan perilaku yang sesuai |
XII/1 |
C.5 |
||
Disajikan beberapa contoh
perilaku rajin bekerja sehari-hari, peserta didik dapat menganalisis beberapa perilaku tersebut sesuai dengan
aktualisasi dari isi hadits riwayat
Tabrani tentang profesionalisme dalam
bekerja |
XII/1 |
C.4 |
||
Disajikan kutipan Q.S. al- Nisa (4): 32, peserta didik
dapat menunjukkan contoh
penerapannya |
XII/1 |
C.3 |
|
|
dalam kehidupan sehari-hari |
|
|
Disajikan tabel
yang berisi kutipan
ayat yang mengandung bacaan nun mati atau tanwin
pada Q.S. al-Nisa (4): 32 beserta hukum bacaannya, peserta didik dapat menjodohkan pasangan teks ayat
dengan hukum bacaanya yang sesuai |
XII/1 |
C.2 |
||
10 |
3.3 Menganalisis makna Q.S. Luqman (31): 13-14 dan Q.S. al-Baqarah (2): 83,
tentang kewajiban bersyukur kepada Allah
dan berbuat baik kepada
sesama manusia, serta hadits
terkait |
Disajikan tabel yang berisi kutipan
ayat Q.S. Luqman
(31): 14 beserta artinya yang belum sempurna, peserta didik dapat melengkapi arti teks yang
belum sempurna dengan
benar |
XII/ 2 |
C.2 |
Disajikan teks hadits riwayat Muttafaqun Alaihi tentang kewajiban bersyukur kepada
Allah dan berbuat baik
kepada sesama manusia
dengan beberapa garis
bawah, peserta didik
dapat menunjukkan arti kata yang bergaris bawah
dengan benar |
XII/ 2 |
C.1 |
||
Disajikan narasi
kasuistik tentang perilaku
bersyukur kepada Allah
dan berbuat baik
kepada sesama manusia beserta alasannya, peserta didik dapat menilai berdasarkan pemahaman terhadap Q.S. Luqman
(31): 13-14 dengan
benar |
XII/ 2 |
C.6 |
||
Disajikan Hadits riwayat
Muttafaqun Alaihi tentang
kewajiban bersyukur kepada
Allah, peserta didik
dapat menganalisis perilaku yang sesuai dengan
hadits tersebut |
XII/ 2 |
C.4 |
||
Disajikan kutipan teks Q.S.
Luqman (31): 13, peserta didik dapat menunjukkan contoh penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari |
XII/ 2 |
C.3 |
||
Disajikan ilustrasi cara
membaca bacaan mad arid
lisskun pada Q.S.
al-Baqarah (2): 83, peserta didik
dapat menilai ilustrasi bacaan dengan benar |
XII/ 2 |
C.5 |
||
11 |
3.4 Menganalisis dan mengevaluasi makna Q.S. al-
Furqan (25): 74, tentang do’a orang tua agar mendapatkan anak cucu yang shalih, serta hadits terkait |
Disajikan teks
Q.S. al- Furqan
(25): 74, peserta didik dapat menentukan arti kata bergaris bawah dengan benar |
XII/ 2 |
C.1 |
Disajikan teks hadits
tentang do’a orang
tua agar mendapatkan anak cucu yang shalih, peserta didik dapat
menentukan arti teks
hadits dengan benar |
XII/ 2 |
C.2 |
||
Disajikan beberapa pernyataan, peserta didik
dapat menemukan makna yang
sesuai dengan hadits riwayat Muslim
tentang meminta do’a
untuk orang lain |
XII/ 2 |
C.6 |
||
Disajikan beberapa contoh perilaku praktik pengasuhan orang tua agar mendapatkan anak yang shaleh, peserta didik dapat menganalisis contoh perilaku tersebut sesuai dengan Q.S. al-Furqan (25): 74 |
XII/ 2 |
C.4 |
||
Disajikan kutipan teks
Q.S. al-Furqan (25):
74, peserta didik
dapat menunjukkan contoh penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari dengan
benar |
XII/ 2 |
C.3 |
||
Disajikan narasi tentang
cara membaca nun mati atau
tanwin pada Q.S.
al- Furqan (25):
74, peserta didik
dapat menilai cara
membacanya dengan benar |
XII/ 2 |
C.4 |
Keterangan:
Level C1 |
: |
5 |
Jumlah: 50 |
Level C2 |
: |
10 |
|
Level C3 |
: |
7 |
|
Level C4 |
: |
13 |
|
Level C5 |
: |
12 |
|
Level C6 |
: |
3 |
Post a Comment