PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK - KISI-KISI US ISMUBA 2024 - Middun -->
QGxDcejG0K5y42ulRjpCEwY9XFqHHrCQFS9iVCtr
Bookmark

PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK - KISI-KISI US ISMUBA 2024

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH

SEKOLAH MENENGAH ATAS/KEJURUAN MUHAMMADIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TP. 2023/2024

 

 

MATA PELAJARAN

: PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK

BENTUK SOAL

: PILIHAN GANDA (A, B, C, D, E)

ALOKASI WAKTU

: 90 MENIT

JUMLAH SOAL

: 50 BUTIR SOAL PILIHAN GANDA

 

A.   STANDAR KOMPETENSI LULUSAN : DIMENSI PENGETAHUAN

1.     Dimensi Pengetahuan

a.   Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, metakognitif dan suprarasional pada tingkat teknis, spesifik, detail dan kompleks berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, humaniora, ke-Islaman, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa Arab.

b.   Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat, dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional dan internasional.

2.        Dimensi Keterampilan

Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif melalui pendekatan yang beragam; normatif, ilmiah, dan pendekatan lain sebagai pengembangan dari yang dipelajari di satuan pendidikan dan sumber lain secara mandiri.

 

B.    KISI KISI SOAL


1.

3.1 Menganalisismakna Asmaul Husna; al- Karim, al- Mu’min, al- Wakil, al-Matin, al- Jami’, al-‘Adl,dan al-Akhir

Disajikan teks narasi tentang kehidupan sehari-hariyang terkait dengan salah satu dari Asmaul Husna: (al- Karim/al-Mu’min, al- Wakil/al-Matin/ al-Jami’, al- ‘Adl/al-Akhir), peserta didik dapat menunjukkan bahwa narasi tersebut merupakan salah satu makna dari Asmaul Husna: (al-Karim/al- Mu’min, al- Wakil/al-Matin/ al-Jami’, al-‘Adl/al-Akhir)

yang sesuai narasi yang tepat

 

 

X/1

 

 

C 3

2.

3.2 Menganalisisketentuan berpakaian sesuai

syariat Islam

Disajikan teks narasi tentang berpakaian sesuai syariat islam, peserta didik dapat

menentukan hikmah berpakain sesuai syariat islam dengan tepat

X/1

C 3

3.

3.3. Menganalisis manfaat kejujuran dalam

kehidupan sosial, politik dan budaya

Disajikan tabel tentang bentuk-bentuk kejujuran, peserta didik dapat memadukan

bentuk-bentuk kejujuran dalam istilah arab

X/1

C 5

4.

3.4 Menganalisis hikmah beriman kepada malaikat-malaikat Allah Swt.

Disajikan pernytaan tentang sifat-sifat malaikat, peserta didik dapat memilih sifat- sifat malaikat dengan tepat

 

X/2

 

C 6

5.

3.5 Menganalisisnilai-nilai Islam dalam menumbuhkan kesadaran menuntut ilmu,

menerapkan dan menyampaikannya kepada

Disajikan Dalil tentang kewajiban menuntut ilmu, peserta didik dapat memilih makna dalil tentang menuntut ilmu dengan tepat

 

X/2

 

C 6


 

sesama

 

 

 

6

3.1 menganalisismakna iman kepada kitab- kitab Allah Swt

Disajikan narasi tentang kitab-kitab Allah SWT yang diturunkan kepada nabi dan

rasul, peserta didik dapat menentukan kitab beserta nabi dan rasul penerimanya

XI/1

C 3

Disajikan sebuah cerita tentang perilaku yang mencerminkan beriman kepada kitab-kitab  Allah  SWT,  peserta  didik  dapat  menyimpulkan  perilaku  yang

mencerminkan iman kepada kitab-kitab Allah SWT.

 

XI/1

 

C 6

7

3.2. Menganalisis kedudukan dan fungsi Al- Qur’an dan kitab-kitab Allah SWT serta memahami al-qur’an sebagai pedoman hidup

Disajikan narasi tentang pengertian Al-qur’an, peserta didik dapat menganalisis

tentang ciri-ciri Al-quran menurut Wahbah Az-Zuhaili

XI/1

C 4

Disajikan narasi tentang isi kandungan al-qur’an, peserta didik dapat memilih isi

kandungan al-qur’an yang tepat

XI/1

C 6

8.

3.3. Menganalisis makna syaja’ah ( berani dalam membela kebenaran ) dalam kehidupan sehari-hari

Disajikan sebuah pernyataan tentang bentuk-bentuk sifat syaja’ah, peserta didik

dapat menemukan ilustrasi yang sesuai dengan bentuk sifat syaja’ah

XI/1

C 4

Disajikan contoh perilaku syaja’ah dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik

dapat menentukan hikmah syaja’ah secara tepat

XI/1

C 3

9

3.4 Menganalisisketeguhan para nabi dan rasul dalam bertauhid,beribadah, dan memimpin umat

Disajikan  narasi  tentang  nabi  dan  rasul,  peserta  didik  dapat  menganalisis

perbedaan nabi dan rasul dengan tepat

XI/2

C 4

Disajikan tebel tentang sifat dasar kerasulan Nabi Muhammad SAW, peserta didik

dapat mengaitkan makna sifat dasar kerasulan nabi Muhammad SAW dengan benar.

 

XI/2

 

C 4

10

3.6 menganalisisprilaku hormat dan patuh kepada orangtuadan guru

Disajikan  ilustrasi                                  perilaku  dalam  kehidupan  remaja,  peserta  didik  dapat

mengidentifikasi perilaku menghormati guru menurut Abdullah Nashih Ulwan

XI/2

C 3

Disajikan  narasi  tentang akhlak  kepada  orang  tua,  peserta  didik  dapat

mengidentifikasi tentang akhlak kepada orang tua ketika sudah meninggal dengan tepat

 

XI/2

 

C 4

11

3.1. Menganalisismakna iman beriman kepada hari akhir

Disajikan narasi tentang hari akhir, peserta didik dapat menjelaskan makna

ba’ats dengan tepat

XII/1

C 2

Disajikan narasi tentang definisi kiamat, peserta didik dapat menganalisis definisi

kiamat

XII/1

C 4

Disajikan pernyataan tentang kiamat sugro, peserta didik dapat memilih contoh

kiamat sugro dengan tepat

XII/1

C 6

Disajikan pernyataan tentang kiamat kubro, peserta didik dapat memilih contoh

tanda-tanda kiamat kubro dengan tepat

XII/1

C 6

Disajikan gambar tentang hari kiamat, peserta didik dapat memperjelas keadaan

pada peristiwa hari kiamat dengan tepat

XII/1

C 5

Disajikan pernyataan tentang tanda-tanda datangnya hari kiamat, peserta didik

dapat menyeleksi tanda-tanda kecil datangnya hari kiamat

XII/1

C 4

Disajikan narasi tentang kehidupan hari akhir, peserta didik dapat mengurutkan

fase-fase kehidupan hari akhir

XII/1

C 3

Disajikan tabel tentang fase-fase kehidupan hari akhir, peserta didik dapat

XII/1

C 5


 

 

menghubungkan pengertian fase-fase kehidupan hari akhir dengan tepat

 

 

Disajikan ilustrasi tentang fase-fase kehidupan di hari akhir, peserta didik dapat

mengkategorikan tentang fase-fase kehidupan dihari akhir

XII/1

C 5

Disajikan ilustrasi tentang fase-fase kehidupan di hari akhir, peserta didik dapat

mengkategorikan tentang fase-fase kehidupan dihari akhir

XII/1

C 5

Disajikan  pernyataan  tentang implementasi  iman  kepada  hari  akhir  dalam

kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat memaknai hikmah beriman pada kepada hari akhir.

 

XII/1

 

C 4

12

3.2 Menganalisisperbuatan manusia yang mendapatkan pahala dan dosa

Disajikan  narasi  tentang  amal  kebaikan,  peserta  didik  dapat  menentukan

pengertian pahala dalam terminologi islam

XII/1

C 3

Disajikan sebuah narasi tentang dosa, peserta didik dapat mengidentifikasi istilah

dosa

XII/1

C 2

Disajikan narasi tentang dosa, peserta didik dapat menganalisis pengertian dosa

secara istilah

XII/I

C 4

Disajikan dalil naqli tentang pahala dan dosa, peserta didik dapat menafsirkan

makna pada ayat tersebut dengan tepat

XII/I

C 6

Disajikan narasi tentang amal perbuatan yang mendapatkan pahala, peserta didik

dapat menganalisis balasan dari shalat fardhu berjamaah

XII/I

C 4

Disajikan pernyataan tentang shalat tahajjud, peserta didik dapat memperjelas

waktu yang utama dalam menunaikan ibadah shalat tahajjud

XII/I

C 5

Disajikan ilustrasi tentang puasa Ramadhan, peserta didik dapat menyimpulkan

keutamaan-keutamaan bulan ramadhan

XII/I

C 6

Disajikan cerita tentang infaq dan sedekah, peserta didik dapat membedakan

definisi infaq dan sedekah

XII/I

C 2

Disajikan pernyataan tentang dosa, peserta didik dapat menyeleksi sifat dasar dosa

menurut imam Ghazali dalam kitab ihya’ ulumudin

XII/I

C 4

Disajikan tabel tentang macam-macam dosa, peserta didik dapat mengkategorikan

contoh perbuatan dosa kecil yang harus dijauhi

XII/I

C 5

Disajikan sebuah cerita tentang perbuatan dosa, peserta didik dapat menggali

perbuatan-perbuatan yang termasuk dosa-dosa besar

XII/I

C 3

Disajikan narasi tentang zina, peserta didik dapat menentukan hukuman bagi

pelaku zina ghairu mukhson

XII/I

C 3

Disajikan pernyataan perbuatan dosa, peserta didik dapat memilih dampak dosa

bagi kehidupan manusia.

XII/I

C 6

13

3.3

Mengevaluasi dampak dosa besar; syirik, TBC, riya, nifak,murtad dan fasik

Disajikan cerita tentang perilaku syirik, peserta didik dapat mengkategorikan jenis-

jenis syirik

XII/I

C 5

Disajikan narasi tentang syirik, peserta didik dapat menampilkan perbuatan syirik

kecil dalam kehidupan sehari-hari

XII/I

C 5

Disajikan cerita tentang, tahayyul, bid’ah, dan khurafat, peserta didik dapat

XII/I

C 5


 

 

menentukan perbuatan yang menunjukkan tahayyul, bid’ah, dan khurafat dalam

kehidupan sehari-hari

 

 

Disajikan cerita tentang, tahayyul, bid’ah, dan khurafat, peserta didik dapat

menemukan bahaya tahayyul, bid’ah, dan khurafat

XII/I

C 5

Disajikan  narasi  tentang  riya’,  peserta  didik  dapat  mengkategorikan  cara

menghindari sifat riya’

XII/I

C 5

14

3.4 Menganalisishikmah beriman kepada qadha’ dan qadar

Disajikan narasi tentang qadha dan qadar, peserta didik dapat mengaitkan

hubungan antara qadha dan qadar

XII/2

C 3

Disajikan narasi tentang qadha dan qadar, peserta didik dapat mengidentifikasi

ciri-ciri orang yang memiliki sifat optimis

XII/2

C 2

Disajikan cerita tentang perilaku iman kepada qadha dan qadar, peserta didik dapat

menentukan salah satu perbuatan perilaku iman kepada qadha dan qadar

XII/2

C 3

15

3.5 Menganalisishikmah perilaku bekerja keras dan tanggung jawab dalam kehidupan

sehari-hari yangberkembang di masyarakat

Disajikan teks narasi tentangbertanggung jawab, peserta didik dapat

menyimpulkan macam-macam perilaku tanggungjawab dalam kehidupan sehari- hari dengan tepat

 

X11/2

 

C 5

Disajikan cerita yang terkait dengan tanggung jawab yang berkembang di masyarakat peserta didik dapat menganalisis hikmah yang terkait dengan tanggung

jawab.

 

XII/2

 

C 4

Disajikan narasi tentang kerja keras, peserta didik dapat menunjukkan dalil dari al-

qur’an tentang kerja keras

XII/2

C 1

 

 

Keterangan:

Level C1

:

1

 

 

Jumlah: 50

Level C2

:

4

Level C3

:

11

Level C4

:

12

Level C5

:

13

Level C6

:

9

 




Post a Comment

Post a Comment