PENDIDIKAN B. ARAB - KISI-KISI US ISMUBA 2024 - Middun -->
QGxDcejG0K5y42ulRjpCEwY9XFqHHrCQFS9iVCtr
Bookmark

PENDIDIKAN B. ARAB - KISI-KISI US ISMUBA 2024



KISI-KISI UJIAN SEKOLAH

SEKOLAH MENENGAH ATAS/KEJURUAN MUHAMMADIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TP. 2023/2024

 

 

MATA PELAJARAN

: PENDIDIKAN BAHASA ARAB

BENTUK SOAL

: PILIHAN GANDA (A, B, C, D, E)

ALOKASI WAKTU

: 90 MENIT

JUMLAH SOAL

: 50 BUTIR SOAL PILIHAN GANDA

 

A.   STANDAR KOMPETENSI LULUSAN :

1.    DIMENSI PENGETAHUAN

a.      Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, metakognitif dan suprarasional pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berkenaan dengan: ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, humaniora, keislaman, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab.

b.     Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, Negara dan kawasan regional

 

B.   KISI KISI SOAL



Menyajikan arti kosa kata dan atau kalimat dalam

wacana tentang At- Ta’aruf (Perkenalan)

Disajikan wacana tentang At-Ta’aruf (Perkenalan), Peserta didik dapat memasangkan arti

kosa kata dengan gambar.

X/1

C3

2.

Memahami wacana terkait topik as-Sakan (tempat

tinggal) berunsur dlamir munfashil

Disajikan teks bacaan rumpang terkait topik, peserta didik dapat membedakan unsur dlamir

munfashil mufrad, mutsanna dan jama’.

X/1

C4

3.

Memahami wacana terkait topik al-Ilmu (ilmu)

berunsur isim nakirah dan ma’rifah

Disajikan wacana tentang al-‘ilmu (ilmu), peserta didik dapat memerinci informasi yang

terdapat dalam wacana.

X/1

C4

4.

Memahami wacana terkait topik biiatul madrasah

(lingkungan sekolah) berunsur Harf Jar dan dharaf Makan

Disajikan wacana terkait topik, peserta didik mampu mengkategorikan Harf Jar dan Dharaf Makan.

X/1

C4

5.

Membaca teks sederhana terkait topik al-Jawwu

(cuaca) berunsur Jumlah Ismiyyah

Disajikan kalimat sederhana terkait topik berunsur Jumlah Ismiyyah, peserta didik dapat

menentukan jenis Khabar.

X/1

C3

6.

Mampu berkomunikasi secara verbal tentang topik “Muhammad Utusan Allah” (للاه ُÙ„ ْÙˆ ُس  َر ٌد َّÙ… َØ­ ُÙ… ) berunsur Fi’il Madhi dan Mudhori’, serta topik “Hijrah Rosul dan Sahabat” (هة َحابَ َّص  َوال Ù‡Ù„ ْÙˆ ُس  َّر Ø§Ù„ َرةُ ْج Ù‡Ù‡ ) berunsur Maf’ul Bih.

Disajikan teks tentang “Muhammad Utusan Allah” (للاه ُÙ„ ْÙˆ ُس َر َّمدٌ َØ­ ُÙ… ), siswa mampu memerinci

informasi dalam teks tersebut.

XI/1

C3

mampu siswa ), هه ْج َرةُ Ø§Ù„ َّر ُس ْÙˆ هل َوال  َّص َحا َب هة( Sahabat” dan Rosul “Hijrah tentang dialog Disajikan

menentukan ungkapan tanya yang sesuai.

XI/1

C3

mampu siswa ) هه ْج َرةُ Ø§Ù„ َّر ُس ْÙˆ هل َوال  َّص َحا َب هة( sahabat” dan rasul “hijrah tentang dialog Disajikan

menentukan ungkapan jawab yang sesuai.

XI/1

C3

7

Mampu membaca nyaring, memahami makna tersirat dan tersurat, dan merefleksi teks tertulis

Disajikan teks tentang “Muhammad Utusan Allah” (للاه ُÙ„ ْÙˆ ُس َر  َّمدٌ َØ­ ُÙ… ) , siswa mampu

mengoreksi penggunaan Fi’il Madhi dan Mudhori’ yang tidak sesuai

XI/1

C4


 

tentang  topik  Muhammad  Utusan  Allah”  ( ٌد َّÙ… َØ­  ُÙ… للاه ُÙ„  ْÙˆ ُس  َر ) berunsur Fiil Madhi dan Mudhori, serta topik  Hijrah  Rasul  dan  Sahabat”  ( هل  ْÙˆ ُس  َّر Ø§Ù„  َرةُ ْج  Ù‡Ù‡

Bih. Maf’ul berunsur ) َوال َّص َحا َب هة

berunsur ) هه ْج َرةُ Ø§Ù„ َّر ُس ْÙˆ هل َوال  َّص َحا َب هة( Sahabat” dan Rosul “Hijrah tentang kalimat Disajikan

Maf’ul Bih, siswa mampu menentukan arti yang sesuai

XI/1

C4

8

Mampu berkomunikasi secara verbal tentang topik “Sahabat Rasul” (َبة َحا َّص  ال) berunsur dlamir muttashil lil fail wa lil maf’ul, serta topik “Hijrah Rosul dan Sahabat” (ْصالَحه Ù‡Ø¥Ù„ ا ُØ¡ َما َع ز) berunsur fi’il mazid.

Disajikan percakapan tentang “Tokoh Pembaharua Islam” (ْصالَحه Ù‡Ø¥Ù„ Ø§ْ ٌØ¡ َما َع ُز ) peserta didik

dapat mengartikan kosakata tertentu.

XI/2

C3

Disajikan percakapan rumpang tentang “sahabat rosul” (َبةٌ َحا َّص  ال) disertai gambar, peserta

didik dapat melengkapi ungkapan jawab sesuai gambar.

XI/2

C4

9

Mampu menyampaikan gagasan secara tertulis tentang topik “Sahabat Rasul” (َبة َحا َّص  ال) berunsur dlamir muttashil lil fail wa lil maf’ul, serta topik “Hijrah Rosul dan Sahabat” (ْصالَحه Ù‡Ø¥Ù„ ا ُØ¡ َما َع ُز )

berunsur fi’il mazid.

Disajikan kalimat rumpang tentang “Sahabat Rasul” (َبة َحا َّص                    ال) , siswa mampu melengkapi

dlamir muttashil lil fail wa lil maf’ul yang tepat.

XI/2

C6

Disajikan kosakata tentang “Hijrah Rosul dan Sahabat” (ْصالَحه Ù‡Ø¥Ù„ اْ ُØ¡ َما َع ُز ), siswa mampu

memilih gambar yang sesuai.

XI/2

C3

Disajikan gambar tentang “Hijrah Rosul dan Sahabat” (ْصالَحه Ù‡Ø¥Ù„ اْ ُØ¡ َما َع ُز ), siswa mampu

memilih kosakata yang sesuai.

XI/2

C3

10

Mampu berkomunikasi secara verbal tentang topik “Kesehatan” )الصحة( berunsur fi’il mabni lil-majhul, topik “Media Komunikasi” )االتصال وسائل( berunsur ‘adawatul istifham

Disajikan ungkapan tanya dalam dialog tentang Ash-shihhah (kesehatan), siswa mampu

menentukan ungkapan jawab yang benar.

XII/1

C3

Disajikan dialog tentang Ash-shihhah (kesehatan), siswa mampu mengartikan kalimat yang

bergaris bawah.

XII/1

C3

Disajikan dialog rumpang tentang Ash-shihhah (kesehatan), siswa mampu melengkapi

dengan ungkapan tanya.

XII/1

C3

Disajikan dialog tentang Wasailul ittishal (media komunikasi), siswa mampu melengkapi

dialog sesuai gambar.

XII/1

C3

Disajikan ungkapan tanya dalam dialog tentang Wasailul ittishal (media komunikasi), siswa

mampu menentukan ungkapan jawab yang benar.

XII/1

C3

Disajikan dialog tentang Wasailul ittishal (media komunikasi), siswa mampu mengartikan

kata yang bergaris bawah.

XII/1

C2

Disajikan dialog dalam bahasa Indonesia tentang Wasailul ittishal (media komunikasi),

siswa mampu mengartikan kedalam bahasa Arab.

XII/1

C3

11

Mampu membaca nyaring, memahami makna tersirat dan tersurat, dan merefleksi teks tertulis tentang topik “Kesehatan” )الصحة( berunsur fi’il

mabni lil-majhul, serta topik “Media Komunikasi”

)االتصال وسائل( berunsur ‘adawatul istifham

Disajikan wacana terkait topik Ash-shihhah (kesehatan), siswa mampu memerinci isi

wacana

XII/1

C4

Disajikan bacaan terkait topik Ash-shihhah (kesehatan), siswa mampu mengartikan frase

yang bergaris bawah.

XII/1

C3

Disajikan wacana terkait topik Wasailul ittishal (media komunikasi), siswa dapat

menyimpulkan gagasan utama dari wacana tersebut.

XII/1

C4

Disajikan wacana tentang Wasailul ittishal (media komunikasi), siswa dapat memerinci

informasi yang terdapat dalam wacana.

XII/1

C4


 

 

Disajikan gambar terkait topik Wasailul ittishal (media komunikasi), siswa mampu menentukan kosakata yang tepat.

XII/1

 

C

12

Mampu menyampaikan gagasan secara tertulis tentang topik “Kesehatan” )الصحة( berunsur fi’il

mabni lil-majhul, dan topik “Media Komunikasi”

)االتصال وسائل(berunsur ‘adawatul istifham

Disajikan kalimat sederhana tentang Ash-shihhah (kesehatan), siswa dapat mengidentifikasi

kalimat berunsur fi’il mabni lil-majhul.

XII/1

C3

Disajikan gambar tentang Ash-shihhah (kesehatan), siswa mampu menentukan kosakata

terkait gambar.

XII/1

C3

Disajikan kalimat tentang Ash-shihhah (kesehatan), siswa mampu mengartikan frasa yang

bergaris bawah.

XII/1

C3

Disajikan kalimat rumpang tentang Ash-shihhah (kesehatan), siswa mampu melengkapi

dengan fi’il mabni lil-majhul.

XII/1

C5

Disajikan kalimat tentang Wasailul ittishal (media komunikasi), siswa mampu menyeleksi

kalimat berunsur adawatul istifham.

XII/1

C4

Disajikan gambar tentang Wasailul ittishal (media komunikasi), siswa mampu menentukan

kosakata yang tepat.

XII/1

C3

Disajikan kalimat tentang Wasailul ittishal (media komunikasi), siswa mampu mengartikan

kalimat sesuai topik.

XII/1

C3

Disajikan kalimat rumpang tentang Wasailul ittishal (media komunikasi), siswa mampu

melengkapi dengan adawatul istifham.

XII/1

C5

Disajikan kalimat acak tentang Wasailul ittishal (media komunikasi), siswa mampu menyusun menjadi kalimat sederhana.

XII/1

C3

Disajikan tabel bergambar tentang Wasailul ittishal (media komunikasi), siswa dapat

mengelompokkan sesuai kategori.

XII/1

C5

Disajikan gambar tentang Ash-shihhah (kesehatan), siswa mampu menentukan fungsi alat

sesuai gambar.

XII/1

C3

13

Mampu berkomunikasi secara verbal tentang topik “Transportasi” )هت َصالَ َوا ْلمـُ Ø§( berunsur isim tafdhil.

Disajikan ungkapan tanya dalam dialog tentang “Transportasi” )هت َصالَ َوا ْلمـُ Ø§( , siswa mampu

menentukan ungkapan jawab yang benar.

XII/1

C3

Disajikan dialog tentang “Transportasi” )هت َصالَ َوا ْلمـُ Ø§( , siswa mampu mengartikan kalimat

yang bergaris bawah.

XII/1

C3

Disajikan dialog rumpang tentang “Transportasi” )هت َصالَ َوا ْلمـُ Ø§( , siswa mampu melengkapi

dengan ungkapan tanya.

XII/1

C3

Disajikan dialog tentang “Transportasi” )هت َصالَ َوا ْلمـُ Ø§( , siswa mampu melengkapi dialog

sesuai gambar.

XII/1

C3

14

Mampu  membaca  nyaring,  memahami  makna

tersirat dan tersurat, dan merefleksi teks tertulis tentang topik “Transportasi” )هت َصالَ َوا ْلمـُ Ø§( berunsur

isim tafdhil.

Disajikan bacaan terkait topik “Transportasi”)هت َصالَ َوا ْلمـُ Ø§( , siswa mampu mengartikan frase

yang bergaris bawah.

XII/1

C3

Disajikan wacana terkait topik “Transportasi”)هت َصالَ َوا ْلمـُ Ø§( , siswa dapat menyimpulkan

gagasan utama dari wacana tersebut.

XII/1

C4

15

 

Disajikan                     kalimat                     sederhana                     tentang                     “Transportasi”)هت َصالَ َوا ْلمـُ Ø§(             ,                     siswa                     dapat

mengidentifikasi kalimat berunsur isim tafdhil.

XII/1

C3


 

Mampu menyampaikan gagasan secara tertulis tentang topik “Transportasi” )هت َصالَ َوا ْلمـُ Ø§( berunsur isim tafdhil.

Disajikan gambar tentang “Transportasi”)هت َصالَ َوا ْلمـُ Ø§( , siswa mampu menentukan kosakata

terkait gambar.

XII/1

C3

Disajikan kalimat tentang “Transportasi”)هت َصالَ َوا ْلمـُ Ø§( , siswa mampu menyimpulkan

gagasan dari wacana tersebut.

XII/1

C3

Disajikan kalimat rumpang tentang “Transportasi”)هت َصالَ َوا ْلمـُ Ø§( , siswa mampu melengkapi

dengan isim tafdhil.

XII/1

C5

Disajikan kalimat tentang “Transportasi” )هت َصالَ َوا ْلمـُ Ø§( , siswa mampu menyeleksi kalimat

tentang topik tersebut

XII/1

C4

Disajikan gambar tentang “Transportasi”)هت َصالَ َوا ْلمـُ Ø§( , siswa mampu menentukan kalimat

yang tepat.

XII/1

C3

 

Keterangan:

Level C1

:

-

 

 

Jumlah: 50

Level C2

:

1

Level C3

:

31

Level C4

:

13

Level C5

:

4

Level C6

:

1

 

0

Post a Comment