KISI-KISI UJIAN SEKOLAH
SEKOLAH MENENGAH ATAS/KEJURUAN MUHAMMADIYAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TP. 2023/2024
MATA PELAJARAN |
:
PENDIDIKAN AKIDAH AKHLAK |
BENTUK SOAL |
:
PILIHAN GANDA (A,
B, C, D, E) |
ALOKASI WAKTU |
:
90 MENIT |
JUMLAH SOAL |
:
50 BUTIR SOAL
PILIHAN GANDA |
A. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
: DIMENSI PENGETAHUAN
1.
Dimensi
Pengetahuan
a.
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, metakognitif dan suprarasional pada tingkat teknis,
spesifik, detail dan kompleks berkenaan dengan ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, humaniora, ke-Islaman, Kemuhammadiyahan, dan Bahasa
Arab.
b.
Mampu mengaitkan pengetahuan di atas dalam konteks diri sendiri, keluarga,
sekolah, masyarakat, dan lingkungan alam sekitar, bangsa,
negara, kawasan regional dan internasional.
2.
Dimensi
Keterampilan
Memiliki keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, dan komunikatif melalui
pendekatan yang beragam; normatif, ilmiah, dan pendekatan
lain sebagai pengembangan dari yang dipelajari di satuan pendidikan dan sumber
lain secara mandiri.
B.
KISI – KISI SOAL
|
||||
1. |
3.1 Menganalisismakna Asmaul Husna;
al- Karim, al- Mu’min, al- Wakil, al-Matin, al- Jami’, al-‘Adl,dan al-Akhir |
Disajikan teks narasi tentang kehidupan sehari-hariyang terkait dengan
salah satu dari Asmaul
Husna: (al- Karim/al-Mu’min, al- Wakil/al-Matin/ al-Jami’, al-
‘Adl/al-Akhir), peserta didik dapat menunjukkan bahwa narasi tersebut
merupakan salah satu makna dari
Asmaul Husna: (al-Karim/al- Mu’min, al- Wakil/al-Matin/ al-Jami’,
al-‘Adl/al-Akhir) yang sesuai
narasi yang tepat |
X/1 |
C 3 |
2. |
3.2 Menganalisisketentuan berpakaian sesuai syariat Islam |
Disajikan teks narasi tentang
berpakaian sesuai syariat
islam, peserta didik
dapat menentukan hikmah berpakain sesuai
syariat islam dengan
tepat |
X/1 |
C 3 |
3. |
3.3. Menganalisis manfaat kejujuran dalam kehidupan sosial, politik dan
budaya |
Disajikan tabel tentang bentuk-bentuk kejujuran, peserta didik dapat memadukan bentuk-bentuk kejujuran dalam istilah arab |
X/1 |
C 5 |
4. |
3.4 Menganalisis hikmah
beriman kepada
malaikat-malaikat Allah Swt. |
Disajikan
pernytaan tentang sifat-sifat malaikat, peserta didik dapat memilih sifat-
sifat malaikat dengan tepat |
X/2 |
C 6 |
5. |
3.5
Menganalisisnilai-nilai Islam dalam menumbuhkan kesadaran menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada |
Disajikan
Dalil tentang kewajiban menuntut ilmu, peserta
didik dapat memilih makna dalil tentang menuntut
ilmu dengan tepat |
X/2 |
C 6 |
|
sesama |
|
|
|
6 |
3.1 menganalisismakna iman
kepada kitab- kitab Allah
Swt |
Disajikan narasi tentang kitab-kitab Allah SWT yang
diturunkan kepada nabi
dan rasul, peserta didik dapat menentukan kitab beserta nabi
dan rasul penerimanya |
XI/1 |
C 3 |
Disajikan
sebuah cerita tentang
perilaku yang mencerminkan beriman kepada
kitab-kitab Allah SWT, peserta didik dapat menyimpulkan perilaku yang mencerminkan iman kepada kitab-kitab Allah SWT. |
XI/1 |
C 6 |
||
7 |
3.2.
Menganalisis kedudukan dan fungsi Al- Qur’an dan kitab-kitab Allah SWT serta
memahami al-qur’an sebagai pedoman hidup |
Disajikan narasi tentang pengertian Al-qur’an, peserta didik
dapat menganalisis tentang ciri-ciri Al-quran menurut Wahbah Az-Zuhaili |
XI/1 |
C 4 |
Disajikan narasi tentang isi
kandungan al-qur’an, peserta
didik dapat memilih isi kandungan al-qur’an yang tepat |
XI/1 |
C 6 |
||
8. |
3.3. Menganalisis makna
syaja’ah ( berani dalam membela kebenaran ) dalam
kehidupan sehari-hari |
Disajikan sebuah pernyataan tentang
bentuk-bentuk sifat syaja’ah, peserta didik dapat menemukan ilustrasi
yang sesuai dengan bentuk sifat
syaja’ah |
XI/1 |
C 4 |
Disajikan contoh perilaku syaja’ah dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat menentukan hikmah syaja’ah secara tepat |
XI/1 |
C 3 |
||
9 |
3.4 Menganalisisketeguhan para
nabi dan rasul dalam
bertauhid,beribadah, dan memimpin umat |
Disajikan narasi tentang nabi dan rasul, peserta didik dapat menganalisis perbedaan nabi dan rasul dengan tepat |
XI/2 |
C 4 |
Disajikan tebel tentang sifat dasar kerasulan Nabi Muhammad SAW, peserta
didik dapat mengaitkan makna
sifat dasar kerasulan nabi Muhammad SAW dengan
benar. |
XI/2 |
C 4 |
||
10 |
3.6 menganalisisprilaku hormat
dan patuh kepada orangtuadan
guru |
Disajikan ilustrasi perilaku dalam kehidupan remaja, peserta didik dapat mengidentifikasi perilaku menghormati guru menurut
Abdullah Nashih Ulwan |
XI/2 |
C 3 |
Disajikan narasi tentang akhlak kepada orang tua, peserta didik dapat mengidentifikasi tentang akhlak kepada orang
tua ketika sudah
meninggal dengan tepat |
XI/2 |
C 4 |
||
11 |
3.1. Menganalisismakna iman beriman
kepada hari akhir |
Disajikan narasi tentang hari
akhir, peserta didik
dapat menjelaskan makna ba’ats dengan
tepat |
XII/1 |
C 2 |
Disajikan narasi tentang definisi kiamat, peserta didik dapat menganalisis definisi kiamat |
XII/1 |
C 4 |
||
Disajikan pernyataan tentang kiamat
sugro, peserta didik
dapat memilih contoh kiamat sugro dengan tepat |
XII/1 |
C 6 |
||
Disajikan pernyataan tentang kiamat
kubro, peserta didik
dapat memilih contoh tanda-tanda kiamat kubro dengan
tepat |
XII/1 |
C 6 |
||
Disajikan gambar tentang hari kiamat, peserta didik dapat memperjelas keadaan pada peristiwa hari kiamat
dengan tepat |
XII/1 |
C 5 |
||
Disajikan pernyataan tentang tanda-tanda datangnya hari kiamat, peserta didik dapat menyeleksi tanda-tanda kecil
datangnya hari kiamat |
XII/1 |
C 4 |
||
Disajikan narasi tentang kehidupan hari akhir, peserta didik dapat mengurutkan fase-fase kehidupan hari akhir |
XII/1 |
C 3 |
||
Disajikan tabel tentang fase-fase kehidupan hari akhir, peserta didik dapat |
XII/1 |
C 5 |
|
|
menghubungkan pengertian fase-fase kehidupan hari akhir dengan
tepat |
|
|
Disajikan ilustrasi tentang fase-fase kehidupan di hari
akhir, peserta didik
dapat mengkategorikan tentang fase-fase kehidupan dihari
akhir |
XII/1 |
C 5 |
||
Disajikan ilustrasi tentang fase-fase kehidupan di hari
akhir, peserta didik
dapat mengkategorikan tentang fase-fase kehidupan dihari
akhir |
XII/1 |
C 5 |
||
Disajikan pernyataan tentang implementasi iman kepada hari akhir dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat memaknai hikmah
beriman pada kepada hari akhir. |
XII/1 |
C 4 |
||
12 |
3.2 Menganalisisperbuatan manusia yang mendapatkan pahala dan dosa |
Disajikan narasi tentang amal kebaikan, peserta didik dapat menentukan pengertian pahala dalam terminologi islam |
XII/1 |
C 3 |
Disajikan sebuah narasi tentang
dosa, peserta didik dapat mengidentifikasi istilah dosa |
XII/1 |
C 2 |
||
Disajikan narasi tentang dosa,
peserta didik dapat
menganalisis pengertian dosa secara istilah |
XII/I |
C 4 |
||
Disajikan dalil naqli tentang
pahala dan dosa,
peserta didik dapat
menafsirkan makna pada ayat tersebut dengan tepat |
XII/I |
C 6 |
||
Disajikan narasi tentang amal perbuatan yang
mendapatkan pahala, peserta
didik dapat menganalisis balasan dari
shalat fardhu berjamaah |
XII/I |
C 4 |
||
Disajikan pernyataan tentang shalat
tahajjud, peserta didik
dapat memperjelas waktu yang utama dalam
menunaikan ibadah shalat
tahajjud |
XII/I |
C 5 |
||
Disajikan ilustrasi tentang puasa
Ramadhan, peserta didik
dapat menyimpulkan keutamaan-keutamaan bulan ramadhan |
XII/I |
C 6 |
||
Disajikan cerita tentang infaq
dan sedekah, peserta
didik dapat membedakan definisi infaq dan sedekah |
XII/I |
C 2 |
||
Disajikan pernyataan tentang
dosa, peserta didik dapat menyeleksi sifat dasar dosa menurut imam Ghazali dalam
kitab ihya’ ulumudin |
XII/I |
C 4 |
||
Disajikan tabel tentang macam-macam dosa, peserta didik dapat mengkategorikan contoh perbuatan dosa kecil yang harus dijauhi |
XII/I |
C 5 |
||
Disajikan sebuah cerita tentang
perbuatan dosa, peserta didik dapat menggali perbuatan-perbuatan yang termasuk dosa-dosa besar |
XII/I |
C 3 |
||
Disajikan narasi tentang zina,
peserta didik dapat
menentukan hukuman bagi pelaku zina ghairu mukhson |
XII/I |
C 3 |
||
Disajikan pernyataan perbuatan dosa,
peserta didik dapat
memilih dampak dosa bagi kehidupan manusia. |
XII/I |
C 6 |
||
13 |
3.3 Mengevaluasi dampak dosa besar;
syirik, TBC, riya, nifak,murtad dan fasik |
Disajikan cerita tentang perilaku syirik, peserta didik
dapat mengkategorikan jenis- jenis syirik |
XII/I |
C 5 |
Disajikan narasi tentang syirik,
peserta didik dapat
menampilkan perbuatan syirik kecil dalam kehidupan sehari-hari |
XII/I |
C 5 |
||
Disajikan cerita tentang, tahayyul, bid’ah, dan khurafat, peserta didik dapat |
XII/I |
C 5 |
|
|
menentukan perbuatan yang menunjukkan tahayyul, bid’ah, dan
khurafat dalam kehidupan sehari-hari |
|
|
Disajikan cerita tentang, tahayyul, bid’ah, dan khurafat, peserta didik dapat menemukan bahaya tahayyul, bid’ah, dan khurafat |
XII/I |
C 5 |
||
Disajikan narasi tentang riya’, peserta didik dapat mengkategorikan cara menghindari sifat riya’ |
XII/I |
C 5 |
||
14 |
3.4 Menganalisishikmah beriman
kepada qadha’ dan qadar |
Disajikan narasi tentang qadha dan qadar, peserta didik dapat mengaitkan hubungan antara qadha
dan qadar |
XII/2 |
C 3 |
Disajikan narasi tentang qadha
dan qadar, peserta
didik dapat mengidentifikasi ciri-ciri orang yang memiliki sifat
optimis |
XII/2 |
C 2 |
||
Disajikan cerita tentang perilaku iman kepada qadha
dan qadar, peserta didik
dapat menentukan salah satu perbuatan perilaku iman kepada
qadha dan qadar |
XII/2 |
C 3 |
||
15 |
3.5 Menganalisishikmah perilaku bekerja keras dan tanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari yangberkembang di masyarakat |
Disajikan teks narasi tentangbertanggung jawab,
peserta didik dapat menyimpulkan macam-macam perilaku tanggungjawab dalam kehidupan sehari- hari dengan tepat |
X11/2 |
C 5 |
Disajikan cerita
yang terkait dengan
tanggung jawab yang berkembang di masyarakat
peserta didik dapat menganalisis hikmah
yang terkait dengan
tanggung jawab. |
XII/2 |
C 4 |
||
Disajikan narasi tentang kerja
keras, peserta didik dapat
menunjukkan dalil dari
al- qur’an tentang kerja keras |
XII/2 |
C 1 |
Keterangan:
Level C1 |
: |
1 |
Jumlah: 50 |
Level C2 |
: |
4 |
|
Level C3 |
: |
11 |
|
Level C4 |
: |
12 |
|
Level C5 |
: |
13 |
|
Level C6 |
: |
9 |
Post a Comment