Latihan Soal PAS - C2 Teknik Komputer dan Informatika Kelas X TKJ
I. Pilihan Ganda
1. Pensosialisasian tentang pentingnya K3 di perusahaan dapat dilakukan dengan cara, kecuali…
a. Penyusunan kebijakan
b. Pelatihan
c. Penempelan Poster
d. Membayar orang
e. Evaluasi
2. Manfaat mempelajari K3LH adalah…
a. Menciptakan kondisi sehat bagi pekerja
b. Menciptakan kondisi selamat bagi pekerja
c. Menciptakan iklim kerja bagi pekerja
d. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja
e. Menciptakan kondisi sehat dan selamat bagi pekerja
3. Tahapan dalam perakitan komputer terdiri dari, kecuali…
a. Pembukaan
b. Persiapan
c. Perakitan
d. Pengujian
e. Penanganan Masalah
4. Syarat yang harus dipenuhi sebelum mengoperasikan komputer adalah…
a. Hardware, Software, dan Brainware
b. Hardware, Software, dan Processor
c. Hardware, Processor, dan Brainware
d. Hardware dan Brainware
e. Hardware dan Software
5. Dibawah ini adalah contoh dari sistem operasi komputer, adalah…
a. GOM Player
b. UC Browser
c. Notepad
d. LINUX
e. GOM Player
6. Perangkat keras komputer yang termasuk sebagai alat keluaran antara lain...
a. Keyboard dan Mouse
b. Monitor dan Keyboard
c. Printer dan CPU
d. Monitor dan Printer
e. CPU, Monitor dan Scanner
7. BIOS singkatan dari...
a. Basic Internal Output System
b. Basic Internet Output System
c. Basic Input Output System
d. Basic Input Output Service
e. Basic Internal Output Service
8. Sistem yang bertugas mengatur semua perangkat lunak dan keras dalam sebuah komputer sehingga dapat digunakan oleh user disebut sebagai ….
a. Sistem Komputer
b. Sistem Manajemen
c. Sistem Operasi
d. Sistem Pengaturan
e. Sistem Operasional
9. Berikut merupakan Sistem Manajemen dari Sistem Operasi, kecuali….
a. Manajemen Sistem I/O
b. Manajemen Proses
c. Manajemen Memory
d. Manajemen User
e. Manajemen File/Berkas
10. Perangkat lunak dimana kode program terbuka dan disediakan oleh pengembangnya secara umum agar dapat dipelajari, diubah atau dikembangkan lebih lanjut dan dapat disebarluaskan disebut….
a. Freeware
b. Shareware
c. Sharee
d. Open Source
e. Licensed Software
11. Sebuah prosedur langkah demi langkah yang pasti untuk menyelesaikan sebuah masalah disebut :
a. Proses
b. Program
c. Algoritma
d. Step
e. Diagram
12. Yang dimaksud dengan konstanta adalah
a. Variabel yang nilainya bersifat tetap dan bisa diubah-ubah
b. Variabel yang nilainya bersifat tetap dan tidak bisa diubah-ubah
c. Nilai dari suatu variable
d. Variabel yang selalu membutuhkan masukan/ inputan dari user
e. Variabel yang nilainya kosong
13. Dibawah ini beberapa struktur dasar algoritma antara lain …..
a. Urutan, Pilihan, Pengulangan
b. Pemulihan,Urutan, Pemograman
c. Perbaikan, Pemulihan, Pengaturan
d. Perbaikan, Pemilihan, Pengulangan
e. Urutan, Pemulihan, Pengulangan
14. Nama lain dari flowchart adalah
a. Algoritma
b. Alur
c. Bagan alir
d. Tree
e. Diagram
15. Dalam menyusun suatu program, langkah pertama yang harus di lakukan adalah
a. Membuat program
b. Membuat Algoritma
c. Membeli computer
d. Proses
e. Mempelajari program
16. Penulisan algoritma yang menggunakan sintaks (cara penulisan) yang menyerupai bahasa pemrograman disebut …..
a. Flowchart
b. Data flow
c. Coding
d. Pseudocode
e. Aplikasi
17. Pada pembuatan program komputer, algoritma dibuat :
a. Sebelum pembuatan program
b. Pada saat program dibuat
c. Sesudah pembuatan program
d. Pada saat verifikasi program
e. Pada saat di jalankan
18. Tipe data terstruktur yang terdiri dari sejumlah komponen-komponen yang mempunyai tipe sama, disebut tipe data...
a. Array
b. Byte
c. Longint
d. Integer
e. Boolean
19. Suatu indentifier non standar yang nilainya tidak tetap atau nilainya merupakan hasil dari suatu proses,disebut…
a. Variabel
b. Ripe data
c. Prosedur
d. Deklarasi
e. Array
20. Diberikan algoritma : Apabila warna merah maka jadi hijau. Apabila warna hijau maka jadi putih, selain warna merah dan hijau maka jadi ungu. Jika kondisi input warna adalah hitam, maka warna jadi......
a. Merah
b. Ungu
c. Hijau
d. Putih
e. Abu-abu
21. Langkah awal visualisasi sebuah ide dasar sebuah karya seni adalah membuat...
a. Arsiran
b. Gradasi
c. Sketsa
d. Objek
e. Garis Lurus
22. Selain Unsur-unsur desain juga terdapat prinsip-prinsip desain, yang bukan merupakan prinsip-prinsip desain dibawah ini adalah...
a. Harmoni
b. Proporsi
c. Garis
d. balance
e. irama
23. Sistem pewarnaan gambar yang biasa ditampilkan pada layar monitor dengan warna primer merah, hijau dan biru adalah..
a. Contras
b. CMYK
c. RGB
d. Saturation
e. Brightness
24. CMYK adalah mode warna yang terdiri atas warna-warna berikut ini, kecuali..
a. Magenta
b. Marine
c. Black
d. Yellow
e. Cyan
25. Image vektor banyak dipakai untuk membuat objek-objek yang solid dan bisa diubah-ubah ukurannya untuk berbagi keperluan seperti..
a. Pemandangan
b. Manusia
c. Tanaman
d. Objek benda
e. Logo
26. Untuk mengubah objek garis lurus menjadi objek lekuk kita gunakan..
a. Pick Tool
b. Shape tool
c. Zoom tool
d. Freehand tool
e. Bezier tool
27. Menurut jenisnya scanner dibagi menjadi 2 macam yaitu..
a. Flat fed scanner dan slide scanner
b. Slide scanner dan plat bed scanner
c. Hand held scanner dan Flat bed scanner
d. Hand held scanner dan sheet fed scanner
e. Slide scanner dan sheet fed scanner
28. Berikut yang tidak tergolong sebagai format gambar adalah..
a. TIFF
b. BMP
c. PNG
d. WMA
e. JPG
29. Untuk memilih, mengubah ukuran, memindah, memiringkan objek, tools yang digunakan adalah...
a. Shape tool
b. Free transform tool
c. Pick tool
d. Freehand tool
e. Knife tool
30. Ekstensi di bawah ini yang tepat untuk Aplikasi CorelDraw adalah...
a. .CDR
b. .CRL
c. .DRW
d. .CLK
e. CDW
31. Suatu cara untuk mewakili besaran dari satuan sistem fisik disebut ....
a. Sistem
b. Sistem Bilangan
c. Sistem Komputer
d. Sistem Base
e. Sistem Restore
32. Sistem bilangan yang menggunakan radiks atau basis 2 disebut …
a. Biner
b. Desimal
c. Heksadesimal
d. Oktal
e. Binary Code
33. Sistem bilangan yang menggunakan radiks atau basis 16 disebut ....
a. Biner
b. Oktal
c. Desimal
d. Binary Code
e. Heksadesimal
34. Angka yang dapat dikenal pada sistem bilangan biner adalah ....
a. 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9
b. 0,1,2,3,4,5,6,7,8
c. A,B,C,D,E,F
d. 0,2,4,8,10
e. 0 dan 1
35. Informasi dalam bentuk sinyal 0 dan 1 yang digunakan untuk membandingkan dua buah nilai dan saling memberikan kemungkinan hubungan secara logik disebut....
a. Relasi
b. Relasi Gambar
c. Dasar Logik
d. Relasi Logik
e. Gambar Logik
36. Dibawah ini yang bukan termasuk simbol relasi logik adalah ….
a. <>, = dan >
b. <, = dan <>
c. >, = dan =<
d. <=, = dan >
e. >=, = dan <
37. Fungsi dari penggunaan operasi logik adalah....
a. menyelesaikan hubungan antara sinyal masukan dengan sinyal keluaran
b. menghentikan sinyal masukan dengan sinyal keluaran
c. mengendalikan sinyal masukan dengan sinyal keluaran
d. mengover dari sinyal masukan dan sinyal keluaran
e. mengupdate sinyal masukan dan sinyal keluaran
38. Berikut ini yang termasuk ke dalam 3 tahapan dasar pengolah data adalah ....
a. input, proses, memori
b. input. ALU, memori
c. ALU, output, memori
d. ALU, output, input
e. input, proses, output
39. Hasil pengurangan dari 1102 - 1002 adalah....
a. 0012
b. 1112
c. 0102
d. 02
e. 12
40. Dasar dari operasi aritmatika adalah....
a. Pengkuadratan dan perpangkatan
b. Penjumlahan dan pembagian
c. Perpangkatan dan pengurangan
d. Pengurangan dan pembagian
e. Penjumlahan dan pengurangan
II. SOAL ESAY
1. Tuliskan elemen-elemen dasar pada sistem computer !
2. Tuliskan apa yang dimaksud dengan system bilangan biner,oktal,decimal dan hexadecimal !
3. Sebutkan dan Jelaskan 6 (enam) Komponen Perangkat Keras Komputer ?
4. Apakah yang dimaksud dengan Cold Boot dan Warm Boot!
5. Sebutkan dan jelaskan sasaran dari Sistem Operasi!
Post a Comment